Saturday, May 18, 2024

Hasilkan Minyak Pala Berkualitas dan Rendemen Tinggi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Pasar menghendaki minyak pala berkualitas. Salah satu kuncinya penanganan pascapanen. Biji dan fuli hasil panen saat kemarau, karena pengeringan optimal, menghasilkan rendemen tinggi.  Sebaliknya pada musim hujan pengeringan terganggu sehingga kadar air tinggi.

Biji harus segera diproses sebelum ditumbuhi cendawan. Efeknya, kadar air biji tinggi sehingga mengurangi rendemen minyak. Rendemen pada musim hujan atau pancaroba 9—10%, tapi kalau kemarau bisa sampai 15%.

Menurut Dr. Otih Rostiana, M.Sc. dari Pusat Riset Hortikultura dan Perkebunan, Organisasi Riset Pertanian dan Pangan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). biji pala umur muda sampai sedang (4—6 bulan) mengandung 8,7—14,5% minyak asiri. Otih menyatakan, pada musim hujan kandungan asiri berkurang lantaran kadar air buah meningkat.

Harga biji pala pun fluktuatif tergantung panen. Secara umum, penyuling pala menghendaki biji pala kelas bejo. Biji itu berasal dari buah berumur 3—4 bulan yang kering sempurna pascapengupasan.

Kebutuhan biji pala untuk penyulingan berbeda dengan biji untuk rempah. Biji tua untuk rempah justru minim kandungan minyak. Untuk penyulingan, pekerja melumat biji hingga menjadi butiran kasar berukuran maksimal 1 cm.

Pekerja ketel lantas memasukkan pecahanpecahan itu dalam ketel, menutup rapat ketel lalu mengalirkan uap panas. Pemanasan sistem uap itu memberikan hasil terbaik karena bahan baku tidak dipanasi langsung.

Satu siklus penyulingan memerlukan waktu hingga 30 jam. Mereka melanjutkan proses itu sampai ujung pipa kondensor hanya mengeluarkan air. Pascapenyulingan, ketel mereka kuras sebelum memasukkan bahan baku berikutnya.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img