Friday, August 12, 2022

Hemiplegie

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Asih Pramdiyani,

Jalan Sejahtera No. 4 Kebumen, Jawa Tengah

R. Broto Sudibyo, BSc

Penyakit yang diderita nenek Anda termasuk penyakit hemiplegie, suatu kelumpuhan akibat benturan pada tulang belakang dan mengenai sumsum. Penyakit ini memerlukan perawatan intensif. Hindari memijat terlalu keras sebab sarafnya sudah lemah. Sebaiknya pengobatan dilakukan secara fi sioterapi. Cobalah gunakan resep ini.

Obat luar

Bahan

– Daun kemangi dengan tangkai 1 ikat

– Kencur 5 biji

– Jahe 1 jari tangan

– Bengle ambil umbi tua 1 jari tangan

– Beras merah 1/4 gelas

Cara membuat

Beras dicuci dan direndam dalam air bersih selama 3 jam. Kemudian tumbuk dengan bahan lainnya hingga lembut. Setelah itu, dibentuk bulatan kecil dan jemur sampai kering. Ambil beberapa bulatan, campur dengan air hangat sambil diaduk. Tambahkan minyak kayuputih 1 sendok teh. Jangan terlalu kental, encer saja. Oleskan pada punggung sampai kaki. Lakukan 2 kali sehari sesudah mandi. Ramuan dapat disimpan lama asalkan dijemur kering. Saat mandi, gunakan rebusan daun legundi atau daun jeruk nipis dan jeruk purut. Berikan juga makanan bergizi tinggi dan vitamin B komplek. ***

Ambeien dan Kencing Batu

Saya pria berusia 24 tahun. Ketika buang air besar selalu mengeluarkan darah. Menurut dokter saya terkena ambeien. Masalah lain, ibu saya beberapa waktu lalu mengeluarkan batu sewaktu buang air kecil. Bagaimana mengatasi keluhan ini dengan obat tradisional?

Wiyono

Jl. Belimbing 8 No. 119 Depok Jaya I, Depok

R. Broto Sudibyo, BSc

Saya anjurkan untuk tidak bekerja berat, minum air dingin, dan stres. Makan makanan pedas, beras ketan, ikan, dan semua makanan yang sulit dicerna dihindari. Pun lemak, karena mempersulit buang air besar. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Berikan makanan bergizi tinggi. Untuk itu cobalah resep ini.

Resep 1

Untuk Ambeien

– Rimpang temulawak sebesar telur itik 2 biji

– Rimpang kunyit sebesar telur ayam 1 biji

– Daun ungu 9 lembar

Cara membuat

Temulawak dan kunyit dikupas, dicuci, dan diiris tipis. Rebus bersama bahan lain dengan air sebanyak 5 gelas hingga tersisa 3 gelas. Angkat dan saring. Minum 3 kali sehari masingmasing 2/3 gelas sesudah makan. Lakukan selama 1 bulan.

Resep 2

Untuk Kencing Batu

– Daun kejibeling 7 lembar

– Daun kumis kucing 17 lembar

– Daun sendokan 7 lembar

– Rumput meniran beserta akarnya 3 batang

– Rimpang kunyit sebesar telur ayam 1 biji

Cara membuat

Temulawak dikupas, dicuci, dan diiris tipis. Rebus bersama bahan lain dengan air sebanyak 5 gelas hingga tersisa 3 gelas. Angkat dan saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2/3 gelas sesudah makan. Lakukan selama 1 bulan. ***

Badan Lemas

Saya berusia 43 tahun. Akhir-akhir ini badan sering lemas, banyak keringat, dan tidak enak badan saat bangun tidur. Pemeriksaan laboratorium menunjukkan hasil yang baik secara keseluruhan. Hampir seminggu sekali saya melakukan pijat, tapi badan tetap tidak enak. Mohon bantuan untuk pengobatan secara tradisional.

Iroh Masjkur,

Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur

R. Broto Sudibyo, BSc

Saya menganjurkan untuk selalu memprioritaskan istirahat. Pikiran harus tenang. Sebaiknya kurangi makan makanan yang banyak mengandung lemak dan garam. Usahakan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah segar. Cobalah salah satu resep ini.

Resep 1

Bahan

– Daun sembung muda 5 lembar

– Cengkih, kemukus, kapologo masing- masing 7 biji

– Kayumanis 1/2 jari tangan

– Adas manis 1/2 sendok teh

– Rimpang temulawak sebesar telur ayam 1 biji

Cara membuat

Temulawak dikupas, dicuci, dan diiris tipis kemudian direbus dengan bahan lain bersama 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Angkat dan saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas setelah makan. Lakukan selama 2 minggu. Selain itu, minum madu sebanyak 1 sendok makan dicampur air hangat 1/2 gelas sebelum tidur.

Resep 2

Bahan

– Daun kaki kuda dengan tangkainya 17 lembar

– Rumput meniran berbatang hijau dan akarnya 1 batang

– Temulawak sebesar telur ayam 1 biji

Cara membuat

Temulawak dikupas, dicuci, dan diiris tipis. Rebus dengan bahan lain bersama 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Angkat dan saring. Minum 3 kali sehari masingmasing 1/2 gelas setelah makan. Lakukan selama 2 minggu. Minum madu sebanyak 1 sendok makan dicampur air hangat 1/2

gelas sebelum tidur. ***

Irama Jantung Cepat

Saya ibu 2 putra berusia 31 tahun, pernah dirawat-inap karena penyakit jantung sekitar 1 tahun lalu. Gejalanya irama jantung sangat cepat yang sampai sekarang kadang-kadang kambuh. Mohon petunjuk mengatasi keluhan saya.

Siti Muzayanah

Pd. Putra Hatam RT 02/03 Kp. Cirewed, Desa Sukadamai,

Cikupa, Tangerang

R. Broto Sudibyo, BSc

Penyakit jantung memerlukan pengobatan intensif. Kurangi makanan berlemak dan garam. Hindari udara dingin serta minum kopi dan teh yang terlalu pekat. Usahakan banyak makan sayur dan buah segar. Untuk itu cobalah resep ini.

Resep

Bahan

– Tebu mangli (tebu hitam) 1 ruas

– Akar tebu hitam ¼ genggam

– Kemukus 7 biji

– Kayumanis 1 jari tangan

– Gulabatu 1 ons

Cara membuat

Tebu dikupas, dicuci, dan dipotong kecil-kecil. Akarnya dicuci dan diiris-iris. Rebus bersama bahan lain dalam 4 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Angkat dan saring. Minum 3 kali sehari masingmasing ½ gelas sesudah makan. Lakukan selama satu bulan berturutturut sampai terasa segar atau nafas longgar. ***

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img