Saturday, June 22, 2024

Herbal untuk Mengobati Panas Dalam

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Peralihan cuaca yang tidak menentu bisa mengakibatkan tubuh terserang penyakit seperti panas dalam. Saat daya tahan tubuh lemah karena kecapekan ditambah suhu dingin yang menyerang membuat keadaan tubuh semakin rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara meredakan panas dalam. Berikut ini herbal yang bisa Anda jadikan andalan untuk mengatasi panas dalam.

Perasan daun saga

Perasan daun saga rambat Abrus precatorius dapat dimanfaatkan untuk mengatasi panas dalam. Cukup dengan menumbuk segenggam daun saga, lalu tambahkan 3 sendok air, kemudian peras. Konsumsi air perasan itu 3 kali sehari.

Daun dengan rasa agak manis tersebut mengandung senyawa glisirisin yang berperan dalam meredakan panas dalam. Panas dalam memicu beberapa penyakit antara lain sakit gigi, sariawan, dan nyeri badan.

Untuk mengatasi sariawan karena panas dalam, Anda bisa memanfaatkan getah pohon angsana Pterocarpus indicus. Getah pohon yang berwarna bening kemerahan itu cukup dioleskan ke bibir. Getah angsana sangat efektif, biasanya sudah terlihat hasilnya dalam setengah hari.

Kelapa hijau

Bagi penderita panas dalam bisa mengonsumsi air kelapa hijau. Air kelapa hijau dapat langsung diminum tanpa bahan campuran lain. Air buah Cococs nucifera itu mengandung senyawa elektrolit yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan ion tubuh.

Rimpang kunyit

Selain air kelapa hijau, pilihan lain rimpang kunyit sebanyak dua jari. Bakar rimpang kunyit hingga matang. Setelah itu, parut dan peras rimpang, hasil perasan dapat langsung dikonsumsi.

Cara lain dengan merebus rimpang kunyit dalam dua gelas air hingga berkurang menjadi satu gelas kemudian siap konsumsi. Bila belum terlalu parah, baru muncul gejalanya saja biasanya 2–3 kali minum sudah sembuh.

Cincau

Alternatif lain, konsumsi cincau untuk meredakan panas dalam. Cincau yang berasal dari tanaman cincau rambat Cyclea barbata juga terbukti ampuh mengatasi panas dalam. Cincau yang berbentuk kenyal seperti agar-agar itu terbuat dari sari pati daunnya.

Cara pembuatannya cukup sederhana. Ambil daun cincau secukupnya, tambahkan air, kemudian remas-remas daunnya. Selanjutnya, diamkan air hasil remasan beberapa saat hingga mengental, kemudian dapat langsung dikonsumsi untuk meredakan gejala panas dalam.

Daun cincau hijau mengandung klorofil yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiperadangan. Antibiotik yang terkandung di dalamnya mencegah infeksi bakteri yang masuk ke tubuh sehingga menghambat radang di dalam mulut dan tenggorokan.

Daging lidah buaya

Daging lidah buaya juga berkhasiat mengatasi panas dalam. Caranya, ambil daging tanaman lidah buaya, potong kecil-kecil, cuci kemudian rebus sampai matang. Setelah dingin dapat dinikmati seperti makan agar-agar. Boleh juga ditambahkan sirop untuk pemanis.

Akar alang-alang

Akar alang-alang dan kayu manis untuk mengobati panas dalam. Alang-alang berkhasiat untuk mengatasi panas dalam, mencegah sariawan, dan konstipasi. Alang-alang memiliki senyawa aktif imperanene.

Senyawa aktif itu menjadikan alang-alang berkhasiat sehingga dapat mengobati berbagai gejala penyakit seperti darah tinggi dan panas dalam. Masyarakat Tiongkok pun terbiasa menggunakan akar alang-alang Imperata cylindrica untuk meredakan panas dalam, mencegah sariawan, dan konstipasi.

Cara pembuatannya dengan mencabut alang-alang beserta akarnya. Selanjutnya, bersihkan dan potong daun hingga tersisa pangkal batang dan akar. Setelah itu, rebus akar dengan air secukupnya hingga mendidih selama sekitar 15 menit. Air rebusan akar alang-alang siap diminum ketika dingin.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Ingin Tanam Alpukat? Catat Jenis Alpukat Menurut Permintaan Pasar

Trubus.id—Alpukat premium menjadi incaran pasar. Menurut Manajer Pengembangan Bisnis PT Laris Manis Utama Vendi Tri Suseno, S.T.P., kriteria alpukat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img