Sunday, August 14, 2022

Hidup Sehat dari Alam

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Sudi Silalahi dan istri tentu bukan orang yang memiliki waktu luang melimpah. Namun, keduanya selama lebih dari 10 tahun terakhir menyempatkan diri menanam aneka ragam sayuran di halaman  maupun di depan rumahnya. Aneka tanaman buah dan obat seperti salam, mengkudu, belimbing, dan sawo pun tumbuh subur. Ketika darah tinggi Sudi naik, sang istri segera membuat jus buah mengkudu. Dua jam kemudian, tekanan darahnya kembali normal.

Gaya hidup urban farming seperti yang dilakukan Menteri Sekretaris Negara itu memang mulai mewabah. Sejumlah tokoh seperti Tatiek Fauzi Bowo, Solihin GP, dan Gumilar Rusliwa Somantri sudah melakukannya. Mereka mencoba menyantap sayuran sehat, memakai obat alami hasil menanam, menyiram, memupuk, dan memanen sendiri.

Pembaca yang terhormat, Anda yang juga tertarik ber-urban farming selayaknya menambah koleksi dengan kelor Moringa oleifera. Tanaman perdu yang banyak terdapat di Madura dan Nusa Tenggara Timur itu dikenal enak jika dijadikan sayur. Padahal, kelor berkhasiat mengatasi beragam penyakit, seperti hipertensi, diabetes, dan kanker  sesuai hasil penelitian ilmiah.

Bukan hanya pemerhati kesehatan yang memetik manfaat kelor. Pegiat konservasi lingkungan wajib menyertakan kelor sebagai alternatif penanaman. Kelor sanggup menyerap air dari tanah yang sangat kering, sehingga areal di sekitar tempat tumbuhnya menjadi lembap. Dan itu memicu munculnya tumbuhan lain. Bijinya sudah jelas untuk menjernihkan air. Manfaat lain ialah sebagai bahan baku kosmetik, minyak pelumas,  dan minyak goreng. Pantas jika di sejumlah negara kelor dikebunkan intensif, bukan cuma perdu pembatas halaman.

Pembaca, kelor topik utama edisi ini. Khasiatnya yang luar biasa layak dipaparkan. Kelor bukan perdu yang hanya bisa dipakai untuk menjernihkan air, bahan baku sayur atau menangkal kekuatan magis. Manfaatnya melimpah, tidak sepadan dengan mungilnya sang daun, sehingga muncul pepatah Dunia Tak Selebar Daun Kelor.  Selamat menikmati.

Salam,

 

Onny Untung

 

Wartawan Trubus, Imam Wiguna, saat mewawancarai Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi yang berujar, “Lahan jika dibiarkan hanya akan ditumbuhi rumput, lebih repot pemeliharaannya. Lebih baik ditanami sayuran”

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img