Monday, August 8, 2022

Hukum Pertanian

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Di Amerika Serikat dikenal dengan sebutan Agriculture Law. Masalah pokok yang menjadi keprihatinan saya adalah minimnya perlindungan hukum atas sektor pertanian di negaranegara dunia ketiga termasuk Indonesia. Karena itu, hukum pertanian mencoba merumuskan pengaturan dan perlindungan sektor pertanian. Hukum itu mengacu pada masyarakat berkaitan dengan urusan ketahanan pangan, agribisnis, dampak negatif pupuk dan pestisida. Apakah Trubus memiliki koleksi peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan urusan hukum pertanian? Atau mohon tunjukkan ke mana saya dapat memperolehnya?

Dr Koerniatmanto Soetoprawiro
koerni@home.unpar.ac.id

Trubus memiliki UU RI No. 29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman, UU RI No. 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya, UU No. 7 Tahun 1996 tentang Pangan UUPA/1960. Anda bisa coba hubungi Departemen Pertanian atau Departemen Kehakiman dan HAM.

 

Temu Mangga

Kami mempunyai kebun temu mangga yang terletak di Desa Kaliputih, Dampit, Malang, Jawa Timur. Keadaan sekarang baik dan akhir Juli 2004 panen. Bagi pembaca yang memiliki informasi tentang jalur pemasarannya, kami mohon informasi. Kami sudah menelusuri jalur pemasaran lokal di Banyuwangi, tetapi belum mendapatkan informasi yang memadai. Kami juga bersedia untuk menjalin kerja sama untuk pengembangan lanjut dengan berbagai pihak

Fithrawan Satriyanto, ST.
Jl. Bendungan Nawangan No. 4
Malang, Jawa Timur
declan@telkom.net

Peminat, silakan hubungi alamat di atas.

 

Tambak Udang

Saya mempunyai tambak udang seluas 5 ha, terdiri atas 8 kolam. Saya berencana memelihara udang windu. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Jika luas kolam 3.000 m2, berapa populasi benur tebar?
  2. Ada informasi dari seorang teman, di kolam udang berumur 1 bulan sebaiknya dimasukan ikan bandeng. Bandeng bisa menetralkan racun atau virus dalam air. Benarkah?
  3. Jika saya memelihara udang, hal apakah yang paling penting?
  4. Peralatan laboratorium apa yang paling diperlukan dalam memelihara udang?
  5. Bagaimana supaya udang tetap sehat?
Yansen Citra
yansen_citra@hotmail.com
  1. Untuk memproduksi 1 ton udang windu diperlukan 50- ribu benur. Pada intensifikasi tambak Indonesia, target produksi 7—8 ton/ha/musim. Berarti benur yang dibutuhkan 350—400-ribu ekor/ha/musim.
  2. Sebenarnya, bandeng tidak menetralkan virus atau racun secara langsung. Hanya, ikan itu akan memakan sisa-sisa pakan udang sehingga kolam tidak terlalu kotor. Jumlah bandeng sebaiknya tidak terlalu banyak, sekitar 10% dari biomas udang supaya tidak menjadi pesaing. Bandeng dimasukkan ketika udang berumur sebulan. Selain bandeng, ikan blanak pun bisa digunakan.
  3. 3&5. Perlu dilakukan pemantauan baik terhadap kondisi fisik udang maupun kualitas air secara menyeluruh. Supaya lebih jelas silakan baca buku Budidaya Udang Windu dan Petunjuk Praktis Pembenihan Udang Windu Skala Rumahan terbitan Penebar Swadaya.
  4. Peralatan penting yang biasa digunakan; refraktometer atau hidrometer untuk mengukur kadar garam air, secchi disc untuk mengukur kecerahan air berkaitan dengan kepadatan plankton, pH meter, dan alat pengukur suhu air.

 

Kakao

Saya ingin menanyakan beberapa hal:

  1. Pernahkah Trubus mengulas tentang budidaya kakao? Di edisi berapa? Jika belum, mohon dikupas secara mendalam, baik dari segi budidaya, pemasaran, dan prospek ke depan.
  2. Dimana alamat penampung kakao di Jakarta?
Iwan Kusbiantoro
Poncowarno, Dusun VII
Kalirejo, Lampung Tengah
  1. Artikel kakao di antaranya dimuat pada edisi Juni 2000, Januari dan September 1998, Maret dan Agustus 1997, serta Januari dan Maret 1996. Budidaya kakao dibahas mendalam pada bonus edisi Februari 1992.
  2. Coba Anda hubungi PT Metalindo Era Buana Angerindo, Jl. H Ismail No. 44, Lapangan Ros, Bukitduri, Jakarta Selatan 12840. Atau PT Prima Komindo Sejati, Primocon Nusa Lestari, Jl. Martadinata Blok A/8, Jakarta Utara 14430.

 

Sarang Seriti

Saya tertarik dengan artikel di edisi April 2004 yang memuat tentang pengalaman Gondol Sugito tentang seriti dan walet. Saya pernah mengalami hal yang sama. Pada 1990 sekelompok burung datang ke gudang saya. Saya mencoba mengusir dengan berbagai cara tetapi tidak berhasil. Setelah tahu bahwa itu burung seriti, saya mencoba menjual sarangnya tetapi tidak laku. Pada 1995 seseorang membeli dengan harga Rp350.000/kg sampai sekarang. Setelah membaca Trubus ada pengusaha yang membeli Rp800-ribu—Rp1,2- juta, saya jadi semangat.

  1. Mohon Trubus memberikan alamat pengusaha itu.?
  2. Dimana alamat Gondol Sugito? Saya ingin belajar menukar telur seriti dengan walet.
  3. Saya juga mulai menyukai euphorbia sejak 2002. Saya sudah mempunyai 100 tanaman, tetapi delapan bulan terakhir ini hampir setengahnya mati karena busuk akar dan batang.Bagaimana cara mengatasinya?
  4. Apakah Trubus pernah membahas bunga itu?
  5. Bagaimana cara menanam ? Media apa yang digunakan?
  6. Pupuk apa yang harus digunakan?
Anna Asyhari
Gudang Ris Kayu Kapur Km 24
Kecamatan Batang Anai, Pasar
Usang, Sumatera Barat 25586
  1. Ardianto, Jl. Raya Cogrek, Gunungkapur RT 04/05, Kecamatan Parung, Bogor.
  2. Gondol Sugito, Restoran Rindu Jaya, Kolam Renang Tirtawangi, Jl. Raya Lebak Wangi No. 379, Parung, Bogor, Jawa Barat.
  3. Jika tanaman sudah terserang, tidak bisa disembuhkan. Untuk mencegahnya, hindari terlalu banyak air. Jika musim kemarau siram tanaman 2 kali seminggu. Pada musim hujan sebaiknya gunakan naungan.
  4. Trubus sering memuat artikel euphorbia, baca edisi Mei 2004.
  5. 5 & 6. Media harus kering dan porous seperti cocopeat, sekam, dan pasir kasar. Jangan gunakan tanah merah dan tanah liat karena daya ikat air tinggi sehingga mengundang penyakit busuk. Untuk lebih jelasnya silakan baca bonus Trubus edisi Januari 2004 dan buku Euphorbia milii, Jenis, Perbanyakan, Perawatan terbitan Penebar Swadaya 2004.

 

Kandang Baterai

Saya ingin menanyakan beberapa hal:

  1. Saya tertarik untuk beternak itik petelur dengan sistem kandang baterai. Itik jenis apa yang cocok dengan sistem ini?
  2. Mohon berikan alamat peternaknya di Jabotabek.
  3. Dimana alamat peternak cacing tanah Lumbricus rubellus?
  4. Saya tertarik dengan artikel Trubus edisi Februari berjudul Bisnis Kotor Berlimpah Laba. Tolong berikan alamat Mutawakil atau Usaha Daur Ulang Limbah Sampah Kelurahan Terpadu.
Danuhendra
Kampung Pelaukan RT 02/04
Desa Sukaraya, Karang
Bahagia, Bekasi
  1. Itik alabio (Anas platurynchos borneo), itik tegal (Anas javanica), itik bali (Anas sp.), dan itik mojosari. Untuk keterangan lebih lanjut silakan baca buku Beternak Itik Petelur di Kandang Baterai terbitan Penebar Swadaya.
  2. Hubungi H. Hibatullah, Jl. Tipar Cakung, Gg. Salon RT 03/03, kelurahan Sukapura, Cilincing, Jakarta Utara.
  3. Setyo Edy, PT Arno Konservasindo, Jl. Kavling DKI Blok 132 No.33—34, Meruya, Jakarta 11650.
  4. Mutawakil, Jl. Gandaria No.46, Jagakarsa, Pasarminggu, Jakarta Selatan.

 

Konservasi SDA

Saya pelanggan majalah Trubus dan hobiis tanaman hias di Pontianak. Saya memerlukan informasi alamat produsen bibit krisan seperti PT Krisan Mas dan PT Saung Mirwan. Saran saya Trubus menambah rubrik mengenai konservasi sumber daya alam dalam usaha penyelamatan flora dan fauna Indonesia. Misalnya, mengenai anggrek alam atau habitat orangutan yang terancam punah. Saya mempunyai naskah tentang konservasi anggrek dan hutan adat di Kalimantan Barat. Apakah bisa dimuat di majalah Trubus?

Rahmat Mulyana, SP
Green Villa Kompleks
Pertanian Universitas
Tanjungpura, Pontianak

PT Saung Mirwan, Desa Sukamanah, Kp. Pasir Muncang, Kecamatan Megamendung, Bogor. Krisan Mas, Jl. Dahlia II/ 26, Kompleks Perum Pakuan, Bogor. Terimakasih atas saran Anda. Silakan kirim naskah Anda ke redaksi Trubus.

 

Ikan Patin

Saya tertarik artikel Trubus edisi Mei 2003 tentang ikan patin yang sangat cocok dikembangkan di waduk PLTA Panglima Besar Jendral Sudirman (PLTA Mrica), Jawa Tengah. Untuk itu, dalam rangka membuka pasar bagi petani keramba di waduk PLTA Mrica, kami mohon informasi alamat Dr Odang Carman, Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB dan alamat Heru Soekardi, pemilik pondok ikan patin.

Suharno
Kantor Kecamatan Wanadadi
Jl. Raya Utara No. 03
Wanadadi, Banjarnegara
Jawa Tengah 53461
  1. Dr Odang Carman, L a b o r a t o r i u m Pengembangbiakkan dan Genetika Ikan, Jurusan Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB, Jl. Rasamala No. 8, Kampus IPB, Darmaga, Bogor.
  2. Heru Soekardi, Jl. Buncit Raya No. 21 B, Jakarta Selatan.
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img