Friday, December 9, 2022

Ibu Hamil dan Kayuputih

Rekomendasi

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Penganjur Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr (Cand). dr. Inggrid Tania, M.Si. tidak menyarankan konsumsi minyak kayuputih komersial lantaran kandungannya tidak murni kayuputih, melainkan ada tambahan minyak lain.

“Hati-hati dengan adulterasi (pemalsuan dengan menambahkan bahan lain, red.) minyak kayuputih,” katanya. Produsen minyak kayuputih palsu menambahkan kerosin, minyak lemak, atau minyak jenis lain. Biasanya dari tanaman Melaleuca symphyocarpa ataupun camphor laurel Cinnamomum camphora.

Kebetulan minyak kayu putih maupun eukaliptus sama-sama memiliki zat sineol (1,8-cineole) yang menimbulkan sensasi hangat di kulit. “Justru banyak laporan keracunan pada anak-anak di sana akibat konsumsi minyak eukaliptus,” kata Inggrid. Magister Ilmu Herbal alumnus Universitas Indonesia itu mengingatkan agar ibu hamil atau menyusui harus berhati-hati. Pasalnya, belum ada literatur yang menyatakan minyak kayuputih aman bagi mereka. (Argohartono Arie Raharjo)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Mentan Ingin Produk Hortikultura Segera Tembus Pasar Mancanegara

Trubus.id — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menginginkan produk hortikultura, seperti buah dan sayur bisa tembus pasar mancanegara. Mengingat,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img