Friday, August 19, 2022

Ikan Baru Dari Penjuru Dunia Bersatu di Aquarama

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Maklum, yang dipelototi adalah Spotted kaythit danio, ikan terbaru tangkaran Andy Yap Ah Siong, Singapura.

Wajar bila banyak pengunjung rela berdiri lama di depan akuarium berukuran 30 cm x 30 cm 30 cm itu. Sekujur tubuh anggota keluarga Cyprinidae itu dipenuhi totol cokelat kehitaman yang terputus-putus. Lazimnya ikan genus Brachydanio corak totolnya bersambung dan memanjang.

Ia kian istimewa lantaran dasar tubuh berwarna kuning terang berpadu dengan ekor transparan semburat kuning. Wajar bila ikan yang ditemukan di Myanmar pada Agustus 2003 itu menyandang gelar kampiun di kelas tangkapan alam pada kontes ikan new species Aquarama 2005.

Aquarama memang selalu menampilkan berbagai ikan anyar. Mulai jenis guppy, swordtail, hingga siklid dipamerkan di sana. Maklum, ikan-ikan baru selalu menjadi incaran para penangkar dunia. Inilah beberapa ikan-ikan terbaru itu.

1. Hi head glassangel

Sekilas hi head glassangel itu mirip lou han. Ia memiliki benjolan besar di atas kepala berwarna hitam kecokelatan. Umumnya, kepala ikan anggota keluarga Centropomidae itu melengkung menuju punggung. Tubuhnya pipih dan lebar mengkilap bak gelas. Ekor dan sirip berwarna abu-abu. Keunikan lain, sirip atas berlekuk ciri khas ikan genus Chanda. Ikan milik Andy Yap Ah Siong itu ditemukan di Myanmar, Birma, pada Maret 2004.

2. Blue dempsey

Sangat tepat bila ikan dari keluarga Cichlasoma itu membuat orang terkagumkagum. Warna biru muda mendominasi sekujur tubuh hingga ekor. Itulah sebabnya ia disebut blue dempsey. Ia tampil apik dengan totol-totol hitam dan pattern yang antik. Sirip atas dan bawah pun tampak anggun dengan kombinasi cokelat kehitaman. Ikan tangkapan Andy Yap Ah Siong dari Qian Hu Corp itu ditemukan di perairan Amerika Serikat.

3. Goldenring spotted danio

Walaupun berasal dari keluarga yang sama—Cyprinidae, goldenring spotted danio berbeda dengan spotted kaythit danio. Perbedaan utama terletak pada garis emas kekuningan yang melingkari totol-totol hitam. Itulah sebabnya golden ring (cincin emas, red) melekat padanya. Selain pada tubuh, totol-totol hitam juga terdapat pada sirip dan ekor. Ikan mungil itu ditemukan di Myanmar, Birma, pada Januari 2005.

4. Greenmarble swordtail

Inilah swordtail andalan Sri Lanka. Ikan ekor pedang itu istimewa lantaran memiliki pattern mengkilap bak marmer. Garis hijau kehitaman yang membujur pada tubuh merupakan corak baru di keluarga Poeciliidae. Selain itu, ekor berwarna cokelat kehitaman, bak pedang terhunus tampak anggun meliuk. Xiphophorus helleri tangkaran DU Nishantha Kumara itu ditemukan pada Agustus 2004.

5. Blue tuxedo metalic mosaic guppy

Selain ikan pedang, Sri Lanka memang terkenal pencetak guppy berkualitas. Blue tuxedo metalic mosaic salah satunya. Rumbai ekor berwarna merah terang kombinasi biru kehitaman sangat apik. Ekor bak kobaran api itu semakin anggun dengan tampilan biru muda pada pangkal ekor serta sirip atas yang berwarna-warni. Ukuran tubuh Poecilia reticulata itu memang kecil, 3 cm, tetapi kepala berwarna kuning terang serupa dengan punggung. Tangkaran DU Nishantha Kumara itu dilirik banyak hobiis.

6. Short body angel. sh

Inilah satu-satunya jenis angelfi sh terbaru yang tampil di kelas ikan baru. Semburat kuning terang di kepala hingga punggung membuatnya tampil beda dan cantik Tubuhnya putih bersih berhias corak hitam pekat tak beraturan. Pterophyllum scalare itu memang bak malaikat berjubah. Sirip dan pita hitam putih yang panjang menjuntai anggun meliuk-liuk. Ikan malaikat itu ditemukan di Singapura pada Desember 2004.

7. Apistogramma viejita

Kesan antik dan unik pasti langsung membuncah. Pasalnya, warna kuning muda berpadu sempurna dengan merah darah mulai dari kepala, sirip, hingga ekor. Ikan genus Cyclid itu bertambah cantik lantaran garis hitam pekat membujur dari kepala hingga pangkal ekor. Bercak hitam itu juga tampak menghiasi punggung. Ikan asli Kolombia itu ditemukan pada Desember 2003.

8. Apistogramma agassizii santarem redblack

Satu lagi anggota keluarga Cichlidae baru yang tampil memukau. Apistogramma agassizii santarem redblack memamerkan kepala dan punggung yang berwarna merah darah. Warna unik itu seakan lumer hingga ke tubuh. Selain itu, ekor ikan asal Brasil itu tampak unik. Bak hiasan batik di atas kain transparan, motif kobaran api jelas terlihat. Ia ditemukan pada Desember 2003.

9. Redcap swordtail

Ikan pedang terbaru temuan penangkar Amerika Selatan bak memakai topi merah di kepalanya. Pasalnya, kepala mungil Xiphophorus helleri itu berwarna merah terang. Bahkan bola matanya pun merah menyala. Pantas bila ia disebut redcap (topi merah, red). Ia terlihat istimewalantaran warna merah itu hanya terdapat pada kepala. Tubuh hingga ekor pedang berwarna putih transparan. Ikan berukuran 5 cm itu ditemukan pada Januari 2004.(Rahmansyah Dermawan)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img