Saturday, August 13, 2022

Ikan Hias Air Laut = Ikan Hias Air Tawar

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Hasil riset dosen Okayama University of Science Spesialized Training College selama bertahun-tahun itu kemudian dipamerkan di Aquarama 2009, Singapura. Penemuan spektakuler itu tentu saja tidak terlewatkan oleh wartawan Anda, Dian Adijaya Susanto – penanggung jawab rubrik ikan hias-yang rutin berkunjung ke pameran ikan hias terakbar sedunia itu sejak 2001. Ia pun melakukan wawancara dengan Yuichiro Miyauchi, staf GEX Corporation, perusahaan pembuat aksesori di Osaka, Jepang, yang memajang temuan Yamamoto itu.

Teknologi itu jelas lebih maju dibandingkan teknologi dua tahun sebelumnya yang dipamerkan di Aquarama 2007. Saat itu ikan hias air laut dan ikan hias tawar juga dijadikan satu dalam sebuah akuarium, tetapi sesungguhnya mereka tetap hidup di dua akuarium berbeda. Pada akuarium laut berukuran 3 m x 1 m itu dibenamkan 3 buah akuarium air tawar. Namun sekarang sekat pembatas itu hilang, kedua ikan berbeda habitat itu hidup bersama dalam satu akuarium. Di masa depan ikan hias laut lain memungkinkan hidup bersama ikan hias tawar, asalkan mereka sudah bisa ditangkarkan seperti ikan badut dan kuda laut.

Pembaca, laporan dari Aquarama 2009 menjadi salah satu bahasan utama di edisi ini. Topik tersebut hadir berdampingan dengan kupasan lebih lanjut tentang kaktus. Myrtillocactus geometrizans montrose, misalnya, ditampilkan lantaran bentuknya yang semula mirip belimbing, kini nyaris tak dikenali karena seperti monster. Karena itu pula harganya selangit, tinggi 50 cm Rp15-juta. Sejumlah sosok kaktus dan sukulen asal Thailand yang jarang terlihat di pasar ikut dihadirkan dalam paparan kali ini. Selamat membaca.

Salam

Onny Untung

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img