Friday, December 9, 2022

Indahnya Panorama Laut di Ruang Tamu

Rekomendasi

Di sana jemarinya menggoda betok biru, kepe-kepe, dan ikan lain penghuni akuarium. Sedangkan matanya dimanjakan oleh warna-warni biota laut. Ia membangun akuarium untuk memperbaiki fengsui rumahnya. Namun, akhirnya ia malah jatuh hati dengan kecantikan panorama laut.

Tak heran jika Inul bisa menghabiskan waktu berjam-jam saat menikmati keindahannya. Maklum para penghuni akuarium laut itu sangat atraktif dan berwarna-warni. Apalagi anemon-anemonnya tak kalah cantik. Perpaduan ikan dan anemon laut itu menjadi penghibur, pelepas lelah sekaligus penghilang stres.

Aktivitas pada pagi hari adalah memberi pakan dan mencumbu klangenannya itu. Satu demi satu kondisi ikan itu diperhatikannya. Pun perlengkapan akuarium, dipastikan bekerja dengan baik. Maklum untuk menikmati keindahan panorama laut perempuan asal Pasuruan itu merogoh kocek hingga Rp100-juta. Biaya mahal tak masalah asal bagus dan enak di lihat.

Peralatan

“Awal 2004 akuarium air laut mulai dilirik hobiis. Hampir 80% pengunjung yang datang ke ruang pamer selalu menanyakan biota laut itu,” ujar Laurence Suryanata, direktur utama Aquarista, eksportir beragam ikan hias. Alasannya penghuni akuarium itu cantik dan berwarna ngejreng. Namun menghadirkan panorama laut di akuarium lebih rumit ketimbang air tawar. Sebab perlengkapan yang digunakan relatif banyak.

Alat-alat yang dibutuhkan antara lain aerator, lampu, filter, hidrometer, pendingin, pengangkat protein, alat pengukur pH, dan kalsium. Semua alat dan perlengkapan itu sebaiknya terbuat dari polyvinylchlorid (PVC) atau polyethylen. Kedua bahan tadi tahan karat mesti terkena air laut.

Termometer mutlak digunakan karena temperatur mempengaruhi pertumbuhan tanaman air. Idealnya suhu akuarium air laut yang dilengkapi tanaman berkisar 23—240C. Suhu di atas 270C membuat tanaman gampang mati. Untuk mengendalikan temperatur yang terlalu tinggi gunakan chiller. Sayang alat itu relatif mahal. Alternatif lain menggunakan pendingin ruangan (AC) tetapi alat itu membutuhkan daya listrik tinggi.

Filter biologis atau filter dasar juga sebuah keharusan untuk mencegah dasar akuarium tergenang air. Ketika terjadi genangan organisme yang tergantung pada oksigen akan mati. Sementara bakteri anaerob tumbuh subur. Padahal bakteri itu mengeluarkan racun seperti asam sulfida yang berbahaya bagi tumbuhan dan ikan.

Setelah semua alat siap dan disusun dalam akuarium, masukkan air laut yang telah diendapkan selama minimal 2 minggu. Pengendapan membuat bakteri-bakteri mati. Itu terlihat adanya endapan berwarna cokelat di dasar. Karang dan koral yang telah dibersihkan kemudian dimasukkan ke dalam akuarium berisi air laut

Tiga pekan pertama akuarium dibiarkan tanpa ikan dan tumbuhan. Filter dan pemanas tetap dinyalakan supaya bakteri-bakteri aerobik yang berguna dan ganggang hijau berkembang biak. Dalam rentang waktu itu periksa pH, salinitas, dan kadar nitrit. Jika sesuai—pH 8,2—8,5; salinitas 1.022—1.030 ppm—ikan dan tanaman bisa dicemplungkan.

Susun anemon

Anemon turut andil mempercantik penampilan tanaman. Tanpa anemon akuarium terlihat gersang dan kosong. Kehadirannya membuat ikan merasa hidup di habitat aslinya. Ia juga berfungsi untuk penguji kualitas air. Jika hidupnya merana, tentu tak cocok pula untuk ikan. Tak ada aturan khusus anemon yang harus digunakan untuk penghias akuarium. Yang penting perpaduan warna dan bentuknya cantik.

Sebelum dimasukkan ke akuarium, pastikan kondisi tanamam atau koral. Ciri tanaman sehat mulus, berwarna cerah, dan mekar sempurna. “Awas jangan terkecoh dengan warna anemon yang ngejreng,” kata Laurence. Pasalnya lampu bisa mengecoh mata sehingga warna tanaman lebih cerah. Jangan gunakan tanaman yang rusak karena memperkeruh air. Sebelum dimasukkan ke dalam akuarium sikat tanaman air untuk membersihkan plankton dan kepiting.

Tanaman ditata sedemikian rupa agar terlihat asri dan cantik. Aturan paling sederhana dalam menentukan posisi adalah meletakkan tanaman bersosok tinggi di belakang dan pinggir akuarium. Atur jarak sekitar 2—4 cm antartanaman agar tidak saling berbenturan, terutama untuk jenis berbeda. Misal mutiara dan kolang-kaling tidak boleh berdekatan. Kolangkaling memiliki banyak tentakel yang menempel dan mengisap tanaman terdekat.

Ikan dicemplungkan 2—3 hari setelah anemon laut beradaptasi. Laut menyuguhkan beragam jenis ikan cantik. Sebut saja clownfish, betok biru, dan kambing. Pilih ikan berukuran sama supaya tidak saling bertengkar. Sosoknya lucu dan berwarna-warni. Jumlahnya juga disesuaikan dengan ukuran akuarium. Populasi padat malah memacu timbulnya lendir.

Perawatan

Penampilan akuarium selalu terlihat cantik bila dirawat. Pastikan pH air laut dan KH (carbonate hardness) tetap stabil. Periksa kadar fosfat, idealnya di bawah 0,1 ppm. Kadar fosfat yang tinggi membuat alga yang tidak diinginkan tumbuh subur sehingga mengganggu pertumbuhan koral. Untuk menghindari fosfat berlimpah hindari penggunaan pakan berbentuk cairan dan debu berlebihan masuk ke akuarium.

Pergantian air cukup 1—2 bulan sekali, asal jarang memasukkan tangan ke akuarium. Air diganti 10—25% kemudian ditambah dengan air tawar untuk menggantikan penguapan, menambahkan kalsium, dan perawatan air lainnya. Dalam keadaan “darurat“ pergantian air laut bisa dilakukan dalam jumlah besar. Terlalu sering mengganti air dalam jumlah banyak membuat tanaman stres.

Saat pergantian air, temperatur air laut baru mendekati suhu air akuarium. Air laut yang baru sebaiknya difilter dahulu untuk mencegah keruh, berbau, dan racun bagi kehidupan ikan dan tanaman.

Bila akuarium laut menunjukkan tanda bahaya secepatnya ditambahkan kalsium hingga KH kembali normal. Itu dilihat dari adanya ganggang kerak berwarna merah muda dan ungu tersebar dan menutupi seluruh permukaan kosong. Tanaman laut pun tumbuh cepat dan mengagumkan.

Perawatan benar menjadikan akuarium berumur panjang. Akuarium air laut tak harus mahal dan sering-sering mengganti air serta ikan. Sebab sistem filterisasi modern mempermudah perawatan. Bagi yang malas merawat akuariumnya kini banyak jasa perawatan akuarium laut. Dengan begitu keindahan panorama air laut bisa dinikmati lama. (Bertha Hapsari)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Mentan Ingin Produk Hortikultura Segera Tembus Pasar Mancanegara

Trubus.id — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menginginkan produk hortikultura, seperti buah dan sayur bisa tembus pasar mancanegara. Mengingat,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img