Thursday, February 29, 2024

Inovasi Dendeng untuk Penderita Hipertensi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Mahasiswa Institut Teknologi Bandung membuat inovasi dendeng berbahan dasar mikroalga spirulina. Inovasi pada dendeng itu diberi nama Spirulina Garlic Jerky (SPIGAKY). Inovasi dendeng ini dinilai aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

Jason Thamleonard, salah seorang mahasiswa pengembang inovasi dendeng, menjelaskan, spirulina berpotensi untuk makanan masa depan karena kultivasinya mudah dan proteinnya sangat tinggi sehingga mampu menyaingi daging.

Hanya saja, ia menyebut tantangannya ada pada penciptaan rasa dan tekstur yang enak. Hal ini karena pada faktanya orang tidak hanya makan untuk nutrisi, tapi juga untuk rasa.

“Jadi untuk fungsi rasa dan fungsi kesehatan kami tambahkan bahan baku bawang putih (garlic),” kata Jason, seperti dikutip dari laman Institut Teknologi Bandung.

Lebih lanjut, menurut Jason, kombinasi antara bahan baku nabati berupa spirulina dan bawang putih cocok untuk penderita tekanan darah tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi atau yang dikenal pula dengan istilah hipertensi merupakan salah satu penyakit yang paling umum ditemui di Indonesia. Jika tidak ditangani dan dikontrol dengan baik, tekanan darah tinggi dapat memicu penyakit komplikasi lain yang lebih serius.

Oleh karena itu, pengembangan inovasi ini sebagai salah satu produk yang diciptakan untuk penderita tekanan darah tinggi.

“Daging merah merupakan salah satu bahan pangan yang dapat menaikkan tekanan darah. Mulai dari situ kami mengecek produk apa yang bisa mengganti keinginan orang-orang untuk makan daging, namun tetap mendapat manfaatnya tanpa menanggung risiko tekanan darah naik,” jelas Elizabeth, anggota mahasiswa pengembang inovasi lain, turut menambahkan.

Spirulina merupakan bahan makanan tinggi protein tetapi rendah sodium dan lemak trans sehingga aman dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Sementara itu, bawang putih terbukti mengandung senyawa yang dapat mengatur tekanan darah sehingga bersifat antihipertensi.

Dengan komposisi atau formula itu, SPIGAKY merupakan alternatif makanan yang sangat cocok dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi.

Inovasi Dendeng SPIGAKY dibuat oleh tiga mahasiswa Program Studi Teknik Pangan ITB, yakni Jason Thamleonard, Maria Evelyn, dan Elizabeth.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tip Bungakan Tanaman Subtropis Hyacinth di Indonesia

Trubus.id— Hyacinthaceae tanaman asal Turki selatan yang subtropis. Bagi kebanyakan orang membungakan hyacinth di Indonesia tergolong sulit. Namun, menurut...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img