Thursday, February 9, 2023

Itjen Kementan Gelar Rakor Pengawasan Bidang Ketahanan Pangan di Maluku

Rekomendasi

Trubus.id — Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Inspektorat Jenderal (Itjen) bersama Aparatur Penegak Hukum (APH) di Provinsi Maluku meningkatkan kolaborasi dalam menyukseskan Program Jaga Pangan.

Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian (Mentan), mengatakan, kerja sama yang kuat dari pemerintah pusat dan daerah harus selaras dengan program jangka panjang Kementan.

Terutama berkaitan dengan ketahanan pangan dan peningkatan daya saing berkelanjutan, di antaranya melalui peningkatan kapasitas produksi, penguatan cadangan pangan, dan pembangunan sistem logistik pangan.

Sementara itu, Jan Samuel Maringka, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan, menyampaikan, dalam pembangunan pertanian di daerah diperlukan adanya kolaborasi dan sinergi yang efektif antara Kementerian Pertanian Pusat khususnya Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan pihak Pemerintah Daerah serta unsur APH di daerah.

“Dengan adanya kolaborasi dan sinergi tersebut diharapkan kegiatan Kementan di daerah dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan aturan, serta mencapai tujuan yang diharapkan sehingga ketahanan pangan dapat terwujud,” kata Jan, dalam Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) Bidang Ketahanan Pangan di Ambon, Maluku, Kamis (24/11), pada rilis tertulis yang diterima Trubus.

Oleh karena itu, Jan mengajak Aparatur Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan Aparatur Penegak Hukum (APH) di daerah secara bersama membentuk komitmen untuk menjaga pangan sehingga ke depan kontribusi sektor pertanian dapat terus meningkat.

Sebagai informasi, Rakorwas Bidang Ketahanan Pangan ini dipimpin langsung oleh Irjen Jan Samuel Marinka yang dihadiri oleh Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. (Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Maluku), Edyward Kaban, S.H., M.H. (Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Maluku), Perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku, BPKP Perwakilan Maluku, dan Kepala UPT lingkup Kementan di Provinsi Maluku.

Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian melakukan rangkaian kunjungan kerja Selama 2 hari (23–24 November 2022) dengan stakeholders se-Provinsi Maluku untuk monitoring dan evaluasi bersinergi mewujudkan Ketahanan Pangan.

Diharapkan dengan koordinasi ini, bisa digali berbagai potensi daerah di tiap kota/kabupaten untuk memperkuat pangan dalam negeri sekaligus meningkatkan ekspor Tanah Air.

Setelah kegiatan rakorwas, dijadwalkan kunjungan ke Kelompok Tani si Kota Ambon serta Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBP2TP) Ambon.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Limbah Tandan Kelapa Sawit Diolah Menjadi Bahan Baku Fashion

Trubus.id — Indonesia, produsen sekaligus eksportir minyak sawit terbesar di dunia. Menurut Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), produksi...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img