Sunday, August 14, 2022

Jadi Penghulu di Kandang Mini

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Bagi Djumadi tidak ada rahasia menangkarkan kedua burung itu. Yang paling sulit menjodohkan karena induk pilih-pilih. Memasukkan induk langsung ke kandang penangkaran berisiko. “Kalau tidak cocok burung berkelahi. Bila sudah begitu sangat sulit menjodohkannya,” kata dosen biologi di Universitas Muhamadiyah Surakarta itu. Makanya, ia memakai teknik perjodohan di sangkar mini terlebih dulu. Bila sudah berjodoh, induk dipindah ke kandang penangkaran.

Djumadi memanfaatkan sangkar kotak terbuat dari bambu, ukuran 30 cm x 30 cm x 50 cm. Kurungan itu bisa dibeli di kios burung seharga Rp30.000. Lengkapi nampan berisi air untuk mandi. Pastikan induk unggul menurut bibit, bebet, dan bobot. Calon induk harus sehat, bersih, dan cukup umur. Idealnya, calon pejantan berumur 1 tahun, betina, 6—8 bulan. “Induk berkualitas dapat diperoleh dari peternak sehingga bisa diprediksi keturunannya kelak,” kata pria yang tinggal di Colomadu, Solo, Jawa Tengah itu.

Pastikan jenis kelamin dengan melihat postur dan alat kelamin. Setelah itu pilih induk yang sedang birahi. Sebagai patokan, Djumadi melihat tingkah lakunya. “Gerakan pejantan lebih atraktif dan rajin bersuara. Meski tidak serajin pejantan, betina juga cenderung bersuara. Tingkah lakunya seolah sudah minta kawin ditandai ekor bergerak ke bawah atas,” ujarnya. Untuk memacu birahi, ia memberikan sesendok teh kroto setiap hari.

Saling sahut

Betina dan pejantan dimasukkan ke sangkar masing-masing. Kandang betina ada di tengah, lalu dikelilingi 4 kurungan lain berisi pejantan. Posisi antarsisi kandang agak rapat agar mereka saling berinteraksi dengan baik. Djumadi memilih waktu pada pagi hari pukul 08.00—09.00 untuk perjodohan. “Saat itu burung bermain-main air sambil mengenal pasangan,” katanya.

Kelahiran Solo 28 Juni 1970 itu memantau perkembangan burung dengan cara menukar posisi sangkar setiap pagi. Kalau ada kecocokan, kedua pasangan sering mendekat. Pasangan yang setuju bersanding terus bersikap mesra. Sang jantan berkicau, betina menyambutnya dengan menggerakkan sayap. “Tanda-tanda cucakrawa berjodoh lebih terlihat jelas dibanding jalak suren,” katanya.

Berdasarkan pengalaman peternak sejak 2003, pasangan yang berjodoh sudah bisa terlihat seminggu kemudian. Namun, jangan terburu-buru memasukkanya ke kandang penangkaran. “Kandang induk yang sudah berjodoh didekatkan terus sepanjang hari agar mengenal lebih dekat,” katanya. Sangkar berisi pejantan lain diangkat dan dipindah ke tempat lain.

Perhatikan perilaku pasangan itu ketika tidur malam hari. “Kalau terlihat tandatanda burung tidur saling mendekat meski dibatasi jeruji bambu, maka perjodohan boleh dikatakan berhasil,” kata ayah 2 anak itu. Kalau sudah yakin, barulah pasangan itu dilepas ke kandang penangkaran. Menurut pengalaman Djumadi induk bertelur 1—2 bulan kemudian, itu tergantung pemberian pakan dan kondisi kandang.

Sangkar sekat

Teknik perjodohan yang dilakukan Djumadi boleh-boleh saja dilakukan bila peternak mempunyai induk dalam jumlah cukup banyak. Repotnya, kebanyakan peternak pemula hanya memiliki sepasang. Untuk menjodohkannya tentu saja perlu kiat khusus. Cara Heri Supomo, peternak di Surabaya, Jawa Timur dengan memakai sangkar sekat bisa dicontoh. Hasilnya, induk mau berpasangan dalam waktu sebulan.

Sangkar sekat terbuat dari bambu berukuran 60 cm x 30 cm x 30 cm. Pada bagian tengah ada sekat terbuat dari tripleks yang bisa dibuka-tutup. Sekat itu berguna untuk memisahkan kedua burung agar tidak saling kenal terlebih dulu. “Repotnya kalau salah satu induk beringas selalu terbang ke sana kemari sehingga menggagalkan perjodohan. Makanya ditutup dulu,” kata peternak sejak 2000 itu

Kandang mini itu dilengkapi tangkringan yang dipasang paralel sehingga kedua burung mudah berinteraksi. Nampan kecil berisi air disediakan untuk mandi. Setelah semua siap, calon induk dimasukkan ke sangkar untuk beradaptasi. “Sebaiknya sekat dibuka saat mandi pagi hari ketika burung riang gembira,” ujar pemilik Korax Bird Farm itu

Sore harinya, sangkar dikerodong kain, tapi bagian depan dan tengah dibiarkan terbuka. Maksudnya agar kedua burung masih bisa berinteraksi satu sama lain. Her I menunggu hingga burung itu mau tidur berdekatan, meski masih dibatasi sekat. “Kalau burung sudah saling bersiul, itu tanda mau berjodoh,” kata dosen Institut Teknologi Surabaya, Jawa Timur itu.

Di kandang

Menurut pengalaman Heri 2 minggu kemudian burung sebenarnya sudah mau berjodoh. Namun, ia tidak segera memasukkan ke kandang penangkaran.  “Tunggu hingga keduanya benar-benar birahi agar segera kawin,” kata ayah 3 anak itu. Untuk memacu birahi ia memberikan pakan tambahan berupa madu yang dioleskan ke pisang atau kroto.

Jalak suren termasuk burung yang relatif kuat dan tidak mudah stres. Setelah sebulan, induk yang mau berjodoh segera dimasukkan ke kandang penangkaran. Lain halnya dengan cucakrawa yang gampang panik bila ada suara ribut atau gaduh. Heri menyarankan untuk memilih lokasi perjodohan yang tenang, jauh dari keramaian dan lalu-lalang orang.

Bila ternyata sulit berjodoh, maka lakukan cara Gatot Maytarto, peternak di Gayungsari, Surabaya, Jawa Timur. Langkah awal, calon induk yang sudah diseleksi dimasukkan ke sangkar masingmasing. Setelah itu kedua sangkar langsung digantung di kandang penangkaran. Maklum, kandang penangkaran milik Gatot cukup lebar, 90 cm x 120 cm, tinggi 4 m. “Ukuran sangkar boleh tidak sama, tapi tenggeran sebaiknya sejajar agar burung mudah berinteraksi,” kata pegawai PLN di Surabaya itu.

Kelebihan cara ini burung bisa saling berkomunikasi sambil mengenal lingkungan kandangnya. “Bila dijodohkan di sangkar sekat, itu perlu 2 kali kerja,” katanya. Pengalaman Gatot metode perjodohan itu butuh waktu 1—2 bulan. Itu pun tergantung kondisi burung. (Nyuwan SB)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img