Thursday, December 8, 2022

Jawara Dalam Hujan

Rekomendasi

Adenium best plant of the year 2012 koleksi Khor Chen Kheng, bunga mekar sempurna dan segar meski terguyur hujanHujan deras sejak dinihari hingga menjelang kontes tak mampu menggugurkan bunga adenium koleksi Khor Chen Kheng. Kamboja jepang berbunga merah muda dan putih itu pun sukses meraih gelar best plant of the year Penang Floral Festival 2012.

Sukses itu karena Khor Chen Kheng mampu membungakan adenium tepat waktu. Adenium berdarah crispum yang bertarung di kelas campuran kecil itu mekar sempurna tepat pada hari kontes berlangsung. Oleh karena itu kuntum-kuntum bunga kokoh sehingga tak tergoyahkan oleh guyuran hujan.

Lagipula sosoknya memang ideal sebagai jawara. “Bunga rimbun, merata di permukaan tajuk, dan hampir seluruhnya segar. Percabangan dan bentuk kaudeks juga terlihat lebih proporsional,” ujar David Goh, salah seorang juri. Empat juri terdiri atas David Goh Thean Poh, K W Cheong, Sham Ee Chua (semua asal Malaysia), dan Imam Wiguna (Indonesia) sepakat menetapkan adenium juara kelas campuran kecil itu sebagai yang terbaik di antara para jawara.

Panen juara

Jawara berdarah crispum itu sejatinya mendapat perlawanan ketat dari juara kelas campuran besar, juga milik Khor. Tajuk adenium obesum berbunga merah terang itu hampir seluruhnya diselimuti bunga. “Namun, tata letak cabang kurang proporsional,” ujar Sham, juri asal Pahang.

Penang Flora Festival 2012 seakan menjadi ajang unjuk gigi Khor Chen Kheng. Koleksi hobiis asal Pulau Pinang itu merajai di empat kelas: RCN/arabicum/thai soco, campuran kecil, campuran sedang, dan campuran besar. Keempatnya bersaing ikut memperebutkan gelar best plant of the year.

Sementara peraih gelar best plant of the year Penang Floral Festival 2011 urung unjuk prestasi. Koleksi Teh Kheng Hooi itu sejatinya tengah semarak bunga. Sayang, sebagian rontok karena guyuran hujan. Bunga tersisa pun terlihat layu.  Obesum berbunga merah ngejreng itu bahkan gagal menjuarai kelas campuran sedang dan hanya meraih peringkat ke-3.

Juara campuran sedang koleksi Khor Chen Kheng, bunga merata diseluruh bagian tajukKontes adenium pada 1 Juni 2012 di halaman Tourism Center Building, Penang Botanic Garden, Georgetown, Penang, Malaysia, itu berlangsung semarak. Kontes diikuti 70 peserta dari Pulau Pinang dan Pahang. Pada 2011, kontes serupa hanya diikuti 60 peserta.

Juara campuran ekstrabesar koleksi Khor Chen KhengHasil potong

Perjalanan sang jawara menuju tangga juara terjal sejak awal. Di kelas campuran kecil yang diikuti sebanyak 22 peserta beradu cantik dengan bunga semarak. Pada tengah tahun sebagian besar adenium di Pulau Pinang memang tengah masa berbunga. Oleh karena itu para juri mesti lebih jeli dalam menilai. “Kecantikan adenium tak hanya saat semarak bunga. Karena itu tata letak dan proporsi ukuran kaudeks, cabang, dan ranting tetap menjadi perhatian,” ujar David.

Kelas arabicum/thai soco/RCN sedang, jenis ra chinee pandok (RCN) mendominasi. Seperti halnya di tanahair, hobiis adenium di Malaysia kini tengah gandrung mengoleksi RCN cutting alias hasil perbanyakan dari pemotongan cabang. Di kelas itu RCN koleksi Khor Chen Kheng sukses meraih juara.

Perhelatan yang diselenggarakan pemerintah Negara Bagian Pulau Pinang itu turut diramaikan kontes bonsai. Dalam kontes kali ini bonsai wrightia koleksi Lee Ah Bah asal Penang sukses meraih gelar the best bonsai of the show. Meski tanpa daun sama sekali, bonsai itu tampil memikat dengan tekstur batang yang berkesan tua dan percabangan yang tertata apik. (Imam Wiguna)

Keterangan Foto :

  1. Adenium best plant of the year 2012 koleksi Khor Chen Kheng, bunga mekar sempurna dan segar meski terguyur hujan
  2. Juara campuran sedang koleksi Khor Chen Kheng, bunga merata diseluruh bagian tajuk
  3. Juara campuran ekstrabesar koleksi Khor Chen Kheng
  4. Juara kategori kreatif milik, Teh Kheng Hoi, komposisi kaudeks dan percabangan proporsional
  5. Juara the best bonsai of the show koleksi Lee Ah Bah, tekstur batang berkesan tua
  6. Juara kelas arabicum/thai soco/RCN sedang koleksi Khor Chen Kheng, tata letak cabang tertata apikJuara kelas arabicum/thai soco/RCN sedang koleksi Khor Chen Kheng, tata letak cabang tertata apik

Juara kategori kreatif milik, Teh Kheng Hoi, komposisi kaudeks dan percabangan proporsional

Juara the best bonsai of the show koleksi Lee Ah Bah, tekstur batang berkesan tua

Previous articleJawara Adu Molek
Next articleHijau Dalam Kota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Pemanfaatan Limbah Ceker Ayam sebagai Obat

Trubus.id — Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menciptakan collagen tripeptide yang dihasilkan dari limbah ceker ayam sebagai alternatif pengobatan aterosklerosis.  Fitria Yuliana,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img