Thursday, December 8, 2022

Jawara dari Negeri Jiran

Rekomendasi

Berkat kelihaiannya merawat gramatophyllum bunga loreng, Tan menjadi pusat perhatian publik. Koleksinya dikukuhkan sebagai best of plant Kontes Anggrek Pulau Penang setelah mengalahkan 750 peserta.

Penobatan para pemenang kontes itu menjadi puncak kebahagiaan komunitas anggrek di Pulau Penang. ‘Ini satu-satunya kontes dengan peserta terbanyak, 750. Biasanya peserta hanya 500-600,’ kata Shamas M Sofi, koordinator juri sekaligus President of Federation of Malaya Orchid Society.

Menurut Shamas, peserta berasal dari Pulau Penang, Perlis, Kedah, Perak, Kualalumpur, dan Trenggano. Negara tetangga, Singapura, pun turut berpartisipasi meramaikan kontes. Pantas penjurian berlangsung ketat dan panjang.

Selain Tan, Sir Chan Wah, pemilik Dendrobium nobilis pun patut berbangga. Koleksinya berhasil menjadi yang terbaik di antara 200 peserta di kelas dendrobium. Sayang, pada perebutan best of plant dendrobium itu mesti puas menjadi runner up. ‘Sosok yang lebih kecil membuatnya tenggelam bila dibandingkan dengan juara gramatophyllum,’ tutur Shamas. Sementara spesies terbaik diberikan kepada Rhynchostylis retusa milik Chee Foung Beng. Ia mengalahkan 150 peserta anggrek spesies.

Pada bulan yang sama, kontes anggrek juga berlangsung di Johor, Malaysia. Peserta berasal dari negara-negara di Eropa, Asia Timur, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. (Rosy Nur Apriyanti/Peliput: Destika Cahyana)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Potensi Pemanfaatan Limbah Ceker Ayam sebagai Obat

Trubus.id — Mahasiswa Universitas Gadjah Mada menciptakan collagen tripeptide yang dihasilkan dari limbah ceker ayam sebagai alternatif pengobatan aterosklerosis.  Fitria Yuliana,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img