Sunday, July 14, 2024

Jengkol Bermanfaat untuk Tanaman Padi dan Mengusir Nyamuk

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Jengkol mempunyai bau yang khas. Jengkol bisa diolah menjadi berbagai olahan lezat. Mulai dari semur jengkol, jengkol balado, hingga gulai jengkol. Terlepas dari itu, faktanya jengkol mempunyai manfaat yang jarang diketahui orang. Inilah beberapa manfaat jengkol.

Jengkol halau tikus

Kegagalan panen padi karena hama tikus bisa mencapai 100%. Kelompok Agro Bisnisplus Subang (ABS) Indonesia memakai jengkol untuk menghalau tikus. Caranya buah jengkol matang ditebar di beberapa titik dekat tanaman atau di depan lubang sarang tikus.

Cara lain buat ekstrak dari 1 kilogram buah jengkol yang direndam dalam 2 liter air selama 2 hari. Semprotkan ekstrak itu ke areal sawah. Bau tajam jengkol membuat satwa pengerat itu enggan memasuki areal sawah selama 2—4 minggu.

Jengkol untuk padi

Kulit jengkol bermanfaat sebagai pupuk organik untuk tanaman padi. Itu diterapkan Dhanang Ajie dan rekan dari Institut Pertanian Bogor dalam risetnya. Ia merebus 8 kg kulit jengkol yang sudah ditumbuk halus ke dalam 8 liter air. Air akan menyusut menjadi 6 liter. Lalu Ia menyemprotkan air rebusan itu pada tanaman padi.

Hasilnya, produksi tanaman yang disemprot rebusan kulit jengkol 0,587 kg per m², itu lebih banyak dibandingkan dengan kontrol yang hanya 0,461 kg per m². Hal itu karena persentase gabah yang terisi mencapai 75,55%, lebih tinggi daripada kontrol yang hanya 45,99%.

Rata-rata gabah yang diberi perlakuan sebanyak 110,86 butir per malai, sedangkan kontrol 50 butir per malai.

Jengkol atasi nyamuk

Aedes aegypti nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengue. Salah satu cara menekan penularannya dengan mengendalikan larva karena mobilitasnya masih terbatas. Noverda Ayuchecaria dan rekan dari Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menunjukkan kulit ari jengkol berfaedah mengatasi larva Aedes aegypti.

Esktrak etanol kulit ari Pithecellobium jiringa itu efektif sebagai biolarvasida khususnya larva instar III. Potensi itu diduga karena kandungan senyawa aktif yakni flavonoid, saponin, tannin, dan triterpenoid. Ekstrak kulit ari jengkol juga terbukti tergolong racun rendah pada lingkungan perairan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Khasiat Daun Ketepeng Cina, Berpotensi Kendalikan Kadar Kolesterol Darah

Trubus.id—Daun ketepeng cina berpotensi menurunkan kadar kolesterol darah. Itulah hasil riset Nisa Khoirila dan Muhammad Walid dari program Studi...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img