Saturday, December 3, 2022

Jual Paket Lebih Cepat

Rekomendasi
Paketan kambing PE kaligesing paling ekonomis karena bisa diambil susu, anak, dan daging.
Paketan kambing PE kaligesing paling ekonomis karena bisa diambil susu, anak, dan daging.

Peternak kambing di Sleman, Yogyakarta, Christian Triangga Bayu, punya cara baru memasarkan kambing. Ia mengadakan pelatihan dan penjualan paket kambing berisi 1 jantan 10 betina. “Selama ini para pemula yang ingin terjun ke kambing berpikir perlu satu jantan untuk satu ekor betina. Padahal tidak seperti itu,” kata Bayu. Jika 1 jantan mengawini hanya 1 betina maka kurang ekonomis. Sejatinya 1 jantan bisa mengawini 15 betina.

Bisnis itu ia jalankan dengan membeli bibit kambing betina siap kawin berumur 10 bulan dan berumur 15—18 bulan untuk pejantan. Kambing itu kemudian ia rawat hingga terjual. “Kadang sebulan sudah laku, 3 bulan sudah laku, kadang-kadang 2 hari juga sudah laku. Lebih cepat perputarannya karena saya kombinasikan dengan marketing secara daring,” ujar mantan marketing produk probiotik ternak itu.

Bayu menjual sepaket PE kaligesing Rp35-juta. Menurut lelaki berumur 37 tahun itu yang paling ekonomis paketan kambing PE kaligesing karena bisa diambil anak, susu, daging, dan keindahannya untuk kontes. Bayu mengutip laba 10—15% dari penjualan sepaket kambing. Sebulan ia bisa menjual sekitar 50-an ekor. “Dengan menawarkan pembelian satu paket plus pengadaan pelatihan, kambing lebih cepat laku dan budidaya kambing oleh peternak pemula lebih ekonomis,” kata ayah 1 anak itu. (Bondan Setyawan/Peliput: Argohartono Arie Raharjo)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img