Monday, August 8, 2022

Kacang Bumi

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Kacang tanah Arachis hypogaea mempunyai hubungan personal dengan banyak orang. Di pangkal jari telunjuk kiri saya, terdapat bekas luka berat akibat salah mengayunkan parang ke rumpun kacang yang saya pegang. Waktu itu umur saya 10 tahun. Kakek menanam kacang tanah, atau kacang brul di Kota Malang, Jawa Timur. Menanam kacang di lahan kecil-kecilan merupakan kebiasaan di banyak pedesaan.

Di Kecamatan Wonosari, Provinsi Yogyakarta hampir tiap keluarga menjemur kacang tanah di halaman rumah dan menyimpan hasil panen di beranda. Sekarang kita tinggal menunggu kapan ada juragan kacang menjadi bupati, gubernur, atau menteri di Indonesia. Di Amerika Serikat, sudah dua petani kacang menjadi presiden. Pertama Thomas Jefferson dan kedua adalah Jimmy Carter. Jadi jangan heran kalau di Amerika Serikat ada Hari Kacang Nasional yang diperingati setiap 13 September. Ada semboyan, “Kacang: energi untuk hidup sehat.”

Selain itu ada festival kacang nasional di Alabama, ada bulan pencinta kacang sepanjang Maret. Hari-hari libur terkait dengan kacang adalah Peanut Butter Day (24 Januari) dan November sebagai bulan khusus pencinta kue-kue yang bersumber pada kacang alias earth nut itu. Ada sepuluh hari istimewa sepanjang tahun yang terkait dengan kacang. Meski begitu, dengan produksi sekitar 2-juta ton per tahun, Amerika hanya menduduki tempat ke-3 di dunia, setelah China dan India.

Wedang kacang

Panen kacang tanah di planet kita berkisar 33-juta ton dalam setahun. Tiongkok menyumbang lebih dari 12-juta ton dan India 7-juta ton. Beberapa tahun silam, Indonesia pernah di  urutan ke-5 dengan produksi 1,2-juta ton. Jadi kita boleh berbangga dan bahagia, karena punya kacang bali, kacang bandung, kacang maninjau, dan kacang batusangkar. Sayangnya, secara nasional, produksi kacang kita cenderung merosot. Badan Pusat Statistik mencatat, dari 838.000 ton pada 2006 turun menjadi 670.000 ton pada 2011.

Sudah sepatutnya luas penanaman kacang perlu lebih dilipatgandakan. Jangan sampai suatu hari kita mengganti kacang dari kampung halaman masing-masing dengan kacang impor. Dua negara anggota Asean yang terkenal getol meningkatkan produksi kacang adalah Myanmar dan Vietnam. Di Afrika, Nigeria dan Senegal menggenjot produksi kacangnya dan berorientasi ekspor. Demikian juga Brasil dan Argentina di Amerika selatan.

2.	Setiap tahun sebanyak 33-juta ton kacang dipanen di dunia. Tiongkok menjadi produsen nomor satuMenurut asal-usulnya, kacang berasal dari Amerika selatan. Sejak 1.500 tahun sebelum masehi, kacang dipakai sebagai sarana kurban dalam ritual adat Indian Inka. Sebelum itu, kacang bahkan diyakini sebagai bekal untuk pergi ke alam baka. Para arkeolog menemukan kacang bersama mumi-jenazah  yang diawetkan-di Peru. Yang pasti kacang tanah kaya lemak, vitamin B kompleks, fosfor, vitamin A dan K, lesitin, kolin,  serta kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah lebih tinggi daripada daging, telur, dan kedelai.

Kacang tanah menawarkan rasa gurih, asin, dan manis untuk membuat beraneka jenis kue dan bumbu seperti bumbu gado-gado, nasi pecel, karedok, ketoprak, dan bumbu satai. Di Surabaya, Provinsi Jawa Timur, kita mengenal kacangkwa yang dimakan bersama cakwe. “Kacangkwa itu bukan bumbu, tetapi kacang dikupas lalu direbus dengan kuah agak manis dan dimakan panas-panas,” kata Paulina Mayasari. Ia seorang aktivis pusaka kuliner dan pelestari budaya Kampung Pecinan.

Selain sebagai bumbu, tentu saja kacang tanah juga banyak diolah menjadi kue tradisional. Sebagai contoh adalah tingting gepuk, gula kacang, dan beraneka macam pia. Ada pula  wedang kacang yang lembut dan manis, minuman panas dengan kacang gurih yang disebut angsle. Viebeke Asana Lengkong, pembela masyarakat miskin di Bali, gemar membeli kacang rebus di pasar dekat penjara Kerobokan.

Penyuka lagu pop Minahasa, Kacang Kawangkoan, itu mencatat kacang bali pun terdiri dari bermacam ragam, tergantung pada daerah asalnya. “Semakin kurang air, semakin tandus tanahnya, semakin gurih kacangnya,” kata Viebeke. Pantas kalau kacang di Gunung Kidul termasuk yang enak. Bedanya adalah harganya. Di Yogyakarta harga paling murah kacang masih Rp9.000 per kilogram. Sementara harga kacang bali Rp16.000-Rp20.000. Di Medan tidak semahal itu, tetapi yang paling bagus bisa bertengger di angka Rp18.000.

Beragam tipe

Di Sumatera Barat terkesan lebih berlimpah kacang tanah. Pesan singkat (SMS) terbaru dari Sastri Bakry di Padang, bercerita tentang kacang batusangkar yang besar-besar dan harganya mencapai Rp23.000 per gantang setara 1,6kg. Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia, cabang Provinsi Sumatera Barat itu mengaku, kendati ukuran kacang batusangkar besar-besar, kalau digoreng masih kalah lezat dibanding kacang maninjau yang kecil-kecil. Kue-kue berbasis kacang di sana antara lain rakik kacang, kacang tojin, kacang abuih, kue tunjuak, kacang talua, dan lapek inti kacang.

Sayangnya, semua baru diusahakan sebatas industri rumah-tangga. Sumatera Barat dan Bali termasuk lima provinsi produsen kudapan berbasis kacang terbesar selain Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Jangan pernah lupa pada kacang bandung, yang khas digoreng dengan tepung terigu dan telur sehingga harganya mencapai Rp13.000 untuk kemasan 200 gram di pasaran. Kacang bali dan kacang bandung merajai produk ekspor kacang Indonesia sampai ke berbagai pelosok mancanegara.

Di Amsterdam, Belanda, harga satu kilogram kacang mencapai lima Euro atau Rp60.000. Namun, yang paling banyak dibeli adalah selai kacang yang lazim dinamakan pindakaas, untuk dimakan bersama roti. Hal yang sama juga terjadi di Amerika Serikat. Menurut perhitungan, paling sedikit 10-miliar sandwich dengan selai kacang dikonsumsi setiap tahun. Maklum 90% keluarga di Amerika Serikat memiliki persediaan minimal sebotol selai kacang di dapur.

Dengan konsumsi rata-rata 3 kg kacang per kapita per tahun, orang Amerika Serikat tercatat sebagai penggemar kacang yang hebat. Salah seorang astronot mereka, Allen B. Sheppard, bahkan membawa kacang ke bulan. Namun, 74% dari ekspor kacang dunia justru diserap oleh negara-negara di Eropa, Jepang, dan Kanada.

Pada abad ke-21 ini, industri kacang Indonesia diperkaya dengan pemuliaan baru seperti varietas citayam yang disebut garuda biga. Itu bukan kelompok spanyol, tetapi valencia. Kultivar lainnya yang juga populer adalah krentil dari Blitar, Provinsi Jawa Timur, yang dikenal sebagai garuda dua. Pemulia kedua jenis itu adalah seorang insinyur lulusan Institut Pertanian Bogor, bernama Sri Astuti Rais, bersama timnya. Hasil penelitiannya dikembangkan di Jawa Tengah dan Lampung dengan produksi  1,8 ton per hektar. Potensi panen optimal yang diharapkan adalah 2,5 ton per hektar.

Tipe valencia dari Citayam, Provinsi Jawa Barat, itu terdiri dari jenis kacang yang berisi tiga atau empat biji dalam satu polong. Varietas krentil berisi dua biji dalam satu polong, dengan ukuran biji lebih kecil dan berbobot 25-40 gram. Produksinya sekitar 1,6 ton per hektar. Pengolahan dan pemasaran kacang lokal di Indonesia berkembang luar biasa di tangan Sudhamek AWS, pengusaha kelahiran Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Ia berhasil mengembangkan Kacang Garuda, dari satu pabrik dengan 700 karyawan, menjadi 8 pabrik dengan 23.000 pekerja.

Banyak kajian membuktikan bahwa kacang berfungsi meningkatkan ketahanan tubuh. Saya melihat satu stoples kacang panggang di meja Drs Titus Kurniadi, pakar hidup sehat yang menghindari lemak jenuh hewani.

Dia termasuk orang yang tetap mengobarkan kecintaan saya kepada kacang tanah di dalam hidup yang singkat ini.  Memang, pangkal telunjuk kiri saya pernah luka berat akibat menebas rumpun kacang. Namun, butir-butir kacang bawang, rempeyek kacang, sambal kacang dan segala serbakacang lainnya telah membuat saya sehat, banyak teman, dan selalu gembira sampai sekarang. ***

 

Keterangan Foto :

  1. Eka Budianta*
  2. Setiap tahun sebanyak 33-juta ton kacang dipanen di dunia. Tiongkok menjadi produsen nomor satu
  3. *) Konsultan Jababeka Botanic Gardens, kolumnis Trubus, pengurus Tirto Utomo Foundation, dan anggota Dewan Pakar Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI).
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img