Monday, November 28, 2022

Kapur untuk Tumor

Rekomendasi

Sepuluh kg kapur dan 1 kg garam dapur dilarutkan dalam 10 liter air. Setelah tercampur sempurna, larutan dilaburkan pada batang sengon. Aplikasi itu ampuh menekan pertumbuhan tumor 96,67%.

 

Hasil itu diperoleh setelah 2 kali perlakuan dengan interval 2 pekan terhadap 64 pohon uji. Sebelum pengolesan, peneliti membersihkan tumor pada setiap pohon terserang. Caranya, tumor yang menempel dipangkas. Tumor yang terkumpul dikubur dalam tanah dengan kedalaman 1 – 2 meter agar karat tidak menular.

Selanjutnya larutan campuran kapur dan garam dilaburkan atau disemprot di bagian batang utama sengon. Untuk pelaburan sebaiknya konsentrasi larutan lebih pekat. Sebelum disemprotkan, larutan disaring terlebih dahulu. Setelah pelaburan, ternyata tumor tak muncul lagi. Padahal, lazimnya karat tumor datang lagi meski benjolan telah dibuang.

Pilihan lain, belerang dicampur kapur dengan perbandingan 1:1. Campuran kemudian dilarutkan dalam 10 liter air. Laburkan atau semprotkan di batang utama sengon. Cara itu ampuh menekan penyebaran tumor 96,06%. Metode pelaburan hanya efektif untuk tanaman berumur 0 – 3 tahun. Setelah itu pertumbuhan sengon yang menjulang tidak memungkinkan perlakuan dilaksanakan. (Dra Illa Anggraeni, peneliti Perlindungan Hutan Tanaman Pusat Litbang Hutan Tanaman, Bogor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Membangun Rumah Walet agar Walet Mau Bersarang

Trubus.id — Rumah walet tidak bisa dibuat asal-asalan. Perlu riset khusus agar rumah itu nyaman ditempati walet. Mulai dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img