Wednesday, September 28, 2022

Karst untuk Kehidupan

Rekomendasi
Kelelawar menghuni gua sekaligus penghubung dengan dunia luar. Perannya vital sebagai penyerbuk aneka tanaman dan pemencar biji-bijian.

Udang purba Stenasellus javanicus hidup di genangan perlokasi yang dangkal. Hal itu, “Amat berisiko karena genangan bisa saja kering,” kata peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Dr. Cahyo Rahmadi, S.Si. Cahyo mengatakan, toleransi sangat sempit (stabil dalam gua) karena habitat sangat spisifik sehingga tidak bisa hidup di luar habitatnya. Karakter sebaran dalam gua sangat sempit.

Sebagian orang menanyakan, untuk apa memperhatikan spesies dalam gua, jumlah terbatas, dan boleh jadi tidak menguntungkan secara ekonomi. Menurut Cahyo satwa di dalam gua tidak pernah mendapat perhatian antara lain karena pengamatan sulit. Sulit untuk menjangkau lokasi sekaligus sulit menemukan keberadaan mereka di dalam gua.

“Karakter biologi sangat rentan terhadap perubahan sehingga ancaman kepunahan makin tinggi,” kata doktor Sains dan Teknik alumnus Ibaraki University, Jepang, itu.
Jika satu spesies hilang maka kita kehilangan banyak hal. Harap mafhum, spesies satu akan memengaruhi spesies lain. Menurut Cahyo nilai konservasi sebetulnya bukan melindungi habitat, tetapi melindungi fungsi yang justru penting bagi kehidupan manusia. Banyak gua yang menjadi sumber mata air. Batu gamping atau karst juga bersifat “menyimpan” air. Masyarakat di sekitar gua menggantungkan pasokan air untuk kehidupan sehari-hari dari mata air di dalam gua.

Artinya jika kawasan karst rusak, kehidupan manusia juga terancam. Jangan lupa gua juga menjadi habitat bagi kelelawar. Satu-satunya mamalia terbang itu berperan penting terhadap keberadaan buah karena membantu penyerbukan. Kelelawar juga pemakan serangga sekaligus pemencar aneka biji. Menurut Cahyo keberadaan kelelawar di gua memengaruhi jenis biota di dalamnya. Itu karena kelelawar sebagai penghubung dengan dunia luar. Guano menjadi bahan organik sekaligus pakan bagi organisme lain. (Sardi Duryatmo)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Permintaan Produk Organik Kian Meningkat

Trubus.id — Permintaan produk organik mengalami peningkatan. Peningkatan permintaan produk organik di Indonesia terjadi karena munculnya kesadaran menjaga kesehatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img