Thursday, August 18, 2022

Katakan Cinta dengan Truncata

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Arti tersembunyi pemberian N. truncata pada kekasih hati itu dipaparkan oleh Choon Thin Yat, praktikus nepenthes di Perak, Malaysia. Maknanya kian bertambah kalau persembahan berupa truncata merah. Warna merah sangat bagus untuk menarik jodoh, ujar Dr Akino W. Azzaro, master fengshui di Jakarta.

Agak repot mencari truncata merah di dataran rendah. Trubus pertama kali melihat kantong yang panjangnya melampaui botol kemasan air minum 600 ml itu di Nuwara Eliya, Sri Lanka. Bentuknya sungguh spektakuler, merah menggantung di bibir pot beralaskan asbes. Lobang kantong menganga lebar sehingga tikus naas pasti terjerembap ke dalamnya.

Cuaca di Nuwara Eliya sejuk luar biasa sepanjang hari. Wajar karena nurseri itu ada di ketinggian 1.300 m dpl. Cuaca pegunungan itu yang membuat Robert Cantley, Managing Director Borneo Exotics, bisa memunculkan warna merah cerah di truncata.

Truncata termasuk nepenthes yang pertumbuhannya lambat, ujar Ch’ien Lee Chen. Toh, ahli taksonomi dari Kuching, Malaysia, itu mengakui truncata paling mudah dirawat dalam semua kondisi. Buktinya ada di Anti Nurseri, Ciawi, Bogor. Nurseri di ketinggian 350 m dpl itu memiliki truncata dataran tinggi yang rajin mengeluarkan kantong. Ukuran kantong memang mengecil, cuma 15 cm, tetapi warnanya tetap merah.

Hati satu-satunya

Tampilan truncata di Nuwara Eliya dan Anti Nurseri itu tentu saja berbeda dengan truncata yang kerap dijual di pameran-pameran. Ketinggian tempat mempengaruhi warna, kata Yos Sutiyoso, praktikus tanaman hias, yang juga mulai memperhatikan kantong semar. Truncata yang banyak beredar berasal dari dataran rendah. Warna kantong hijau dengan bibir hijau sampai merah pekat. Kantong bagian dalam dihiasi bercak merah sampai keunguan.

N. truncata mudah dibedakan dengan jenis lain. Lazimnya daun kantong semar itu memanjang, tapi nepenthes yang dideskripsikan pertama kali oleh Macfarlane pada 1911 itu berbentuk hati. Lantaran bentuk daun yang unik itulah ia bersemat truncata. Nama itu diambil dari kosakata Latin, truncatus yang artinya berakhir dengan tiba-tiba. Daun anggota famili Nepenthaceae itu tebal dan kaku. Tandanya truncata tahan terhadap kondisi dengan kelembapan rendah dan suhu dingin.

Di alam, truncata tumbuh terestrial atau epifit pada ketinggian 200-1.800 m dpl. Ch’ien Lee pernah menyaksikan ketakung itu tumbuh menjalar di tanah paling dasar di pantai Surigao, Mindanao, Filipina, pada ketinggian 200-500 m dpl. Tanah merah berbatu itu miskin hara dan mengandung logam berat berkonsentrasi tinggi yang beracun bagi beberapa tanaman. Di sana periuk monyet itu hidup bersama N. merrilliana, N. bellii, N. mindanaoensis, N. alata, dan N. mirabilis.

N. truncata yang tumbuh terestrial juga ditemui di hutan sekunder muda dekat dengan Gunung Apo-gunung tertinggi di Filipina. Sedangkan truncata yang hidup epifit dijumpai di hutan tropis di bukit Zamboanga. Lokasi lain ditemui Rob Cantley di kaki bukit gunung Hilong-Hilong dekat Legaspi, Suragao, pada ketinggian 500-700 m dpl. Warna kantong nepenthes endemik Pulau Mindanao, Filipina, itu umumnya hijau dengan peristom mulai dari kuning, jingga, sampai merah.

Menggoda

Sedangkan di dataran tinggi, truncata tumbuh secara terestrial di padang ilalang dekat puncak gunung yang terletak di Mindanao Tenggara, Filipina. Kantong semar itu berwarna jingga, merah, hingga kehitaman.

Bentuk kantong yang hidup di dataran rendah atau tinggi sama. Ada kantong bawah, tengah, dan atas. Yang disebut pertama kantong berbentuk silinder dan bersayap dengan tutup kantong kecil. Ukuran tutup lebih kecil dibandingkan dengan mulutnya. Bentuk kantong tengah merupakan perpaduan dari kantong atas dan bawah. Sedangkan kantong atas tak bersayap dan memiliki tutup berbentuk agak segitiga dan peristom lebar. N. truncata termasuk salah satu nepenthes yang memiliki kantong raksasa selain N. rajah dan N. rafflesiana. Tinggi kantong bisa sampai 50 cm.

Sama seperti jenis nepenthes lain, truncata mengeluarkan aroma dari kelenjar nektar yang menggoda serangga atau hewan lain. Rayap, kumbang, semut, dan nyamuk datang menghampiri. Saat mendekat mereka akan pusing karena nektar truncata mengandung narkotik. Akibatnya mereka kehilangan keseimbangan dan akhirnya jatuh ke dalam kantong yang berisi cairan.

N. truncata memang nepenthes penggoda. Nektarnya menarik perhatian serangga. Sedangkan bentuk daun yang mirip hati membuat orang jatuh cinta. Cukup kirimkan sepot N. truncata kepada kekasih, itu sudah mewakili perasaan cinta Anda. (Rosy Nur Apriyanti)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img