Friday, December 2, 2022

Kejayaan Api Emas dan Laskar Pelangi

Rekomendasi

Sebutan bintang layak disematkan pada gold flame koleksi nurseri Oasis itu. Banyak pengunjung menebak lidah naga kelompok trifasciata itu bakal merengkuh takhta juara meski penjurian belum usai. ‘Saya yakin 1 dari 2 gold flame itu bakal masuk 3 besar,’ kata Iwan Rassat, pemain sansevieria di Jakarta. Di kelas tunggal itu memang ada 2 gold flame yang sama. Angelina Tedja Wangiwati, kolektor sansevieria di Jakarta Selatan, punya prediksi serupa.

Tebakan keduanya tepat. Tim juri-Sentot Pramono, Anna Sylvana, Syah Angkasa, dan Nesia Artdiyasa-bulat memilih gold flame di pot 20 sebagai yang terbaik. Ia menaklukkan samurai dwarf milik nurseri Karunia Alam Lestari yang mesti puas sebagai runner up. Di posisi ke-3 bertengger koko koleksi nurseri Del’s. ‘Merawat goldflame yang berdaun tipis jauh lebih sulit ketimbang daun bulat dan tebal,’ kata Sentot. Ujung daun api emas itu mudah patah bila tersenggol. Daun pun rentan serangan penyakit.

Di kelas majemuk lagi-lagi daun tipis merajai. Superba, juga milik nurseri Oasis, mengempaskan fischeri (Acong) dan parva lancet (nurseri Duta). Keduanya berturut-turut sebagai runner up dan juara ke-3. ‘Kalau sekadar menanam superba gampang. Namun, membuat mulus tanpa cacat sulitnya minta ampun,’ kata Anna Sylvana. Kontes yang digelar awal April itu diikuti 47 peserta dari seputaran Jabodetabek dan Palu, Sulawesi Tengah.

Laskar Pelangi

Persaingan ketat lomba tanaman hias pun terjadi di Pangkalpinang, Bangka Belitung. Tonggak sejarah baru dicatatkan pemain sansevieria, aglaonema, anthurium, dan philodendron di Pulau Timah yang bekerja sama dengan pengembang perumahan The Greenland. ‘Ini kontes terbesar sepanjang sejarah Bangka. Total peserta mencapai 234,’ kata Idris Tajib, pemain tanaman hias di Pangkalpinang. Jumlah itu 2 kali lipat kontes serupa yang digelar setahun silam.

Sansevieria patens dari Bumi Laskar Pelangi, Pangkalpinang, menjadi bintang kelas nontrifasciata. ‘Kami betul-betul tak menyangka bisa langsung menyabet juara pertama. Tak percuma menyewa bagasi speedboat untuk 4 koli tanaman,’ kata Gunawan, hobiis sansevieria asal Belitung yang mengusung bendera Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung itu.

Patens didaulat tim juri-Taufik Hidayat, Nesia Artdiyasa, dan Destika Cahyana-sebagai juara setelah menyisihkan samurai dwarf dan pinguicula. Dua yang disebut terakhir milik Andry Kurniawan. ‘Patens lebih matang ketimbang lawannya yang masih muda,’ kata Taufik, juri asal Tangerang. Toh, meski belum matang, samurai dwarf istimewa, karena susunan daun seolah melintir menyerupai spiral.

Kota Buaya

Di Surabaya gelegar kontes jauh lebih semarak. Di Kota Buaya itu kontes sansevieria, anthurium, aglaonema, philodendron, dan bonsai digelar bersamaan dalam rangka perayaan Green and Grow 1st Anniversary. Total peserta keseluruhan mencapai 695. Mereka berasal dari Surabaya, serta kota-kota di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jakarta, Banten. Sumatera, Bali, dan Nusa Tenggara. Yang paling seru ialah kelas sansevieria flat leaf dengan pemenang Saiin, Surabaya. Sedangkan pada bonsai muncul 7 bintang dari 29 peserta peraih juara berbagai lomba.

Menurut J. Wenas, pemilik nurseri Green and Grow, semarak kontes itu untuk membuktikan tren tanaman hias tetap ajek meski dunia tengah dilanda krisis global. ‘Bagi hobiis dan kolektor, tanaman hias bakal tetap menjadi kebutuhan selama manusia masih menyukai keindahan,’ tuturnya. Pernyataan itu seolah menegaskan sukses kontes di Pati, Jawa Tengah, 2 minggu sebelumnya. Di sana sebanyak 97 sansevieria dari Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur bertarung di 8 kelas berbeda. (Destika Cahyana/Peliput: Imam Wiguna, Nesia Artdiyasa, dan Syah Angkasa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img