Monday, November 28, 2022

Keladi Dilirik Setelah Dibedah

Rekomendasi

Kaladium baru tak hanya monopoli Very. Nun di Sentul, Bogor, Gunawan Widjaja pun mendatangkan anggota famili Araceae itu dari Thailand. Sekadar contoh kaladium “daun ganda” dan “totol”. Yang disebut pertama istimewa lantaran dalam satu tangkai terdapat 2 daun. Lazimnya, satu tangkai satu daun. Daun bawah berukuran lebih kecil, diameter 7 – 9 cm, dibandingkan daun atas; 10 – 15 cm. Jari-jari daun terlihat jelas berwarna merah. Kaladium “daun ganda” bertubuh kecil, tingginya hanya 15 cm.

Yang juga berukuran mungil adalah kaladium “totol”. Dikatakan demikian lantaran ia bermotif seperti macan tutul, totol-totol. Penampilan kaladium berwarna kuning lembut itu lebih mempesona berkat kehadiran bercak-bercak merah marun.

Kaladium baru lain didatangkan Ir Abdul Kadir di Yogyakarta dari negeri Paman Sam. Salah satunya florida roselight yang diimpor pada 2002. Bentuk daun besar, berdiameter15 – 20 cm, dan meruncing pada bagian ujungnya.

Penampilan florida roselight sangat manis lantaran kehadiran bercak warna merah muda di atas hijaunya daun. Kelebihan lain, ia tak butuh naungan dalam penanamannya. “Karena florida roselight tahan terhadap sinar matahari langsung,” ujar Abdul. Kaladium itu hasil pengembangan dari para penyilang di Universitas Florida, Amerika Serikat. Karenanya ia menyandang nama fl orida. Berikut keladi-keladi baru lainnya yang pantas Anda miliki. (Rosy Nur Apriyanti/Peliput: Lastioro Anmi Tambunan)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img