Saturday, June 22, 2024

Kenali Gejala dan Penyebab serta Cara Mengobati Glaukoma

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Salah satu penyakit yang bisa mengganggu penglihatan adalah glaukoma. Gejala orang yang terkena glaukoma yakni penglihatan berkabut, saat melihat sumber cahaya seperti pelangi penglihatan mendadak buram. Jika ada gejala demikian, segera periksakan kesehatan mata ke dokter spesialis mata.

Menurut Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si., Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), glaukoma merupakan keadaan saat tekanan pada bola mata tinggi sehingga menimbulkan kerusakan saraf mata.

Peningkatan tekanan bola mata terjadi karena sebagian atau seluruh saluran keluarnya cairan bola mata tersumbat. Namun, menurutnya, penyebab glaukoma belum diketahui secara persis.

Kendati demikian, Inggrid menyatakan ada beberapa faktor pemicu glaukoma seperti keturunan, usia, cedera mata, dan seringnya memakai obat tetes mata untuk meredakan iritasi dalam jangka waktu yang panjang. Ada pula faktor penyakit seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan anemia.

Sementara itu, menurut Inggrid pengobatan glaukoma yang lazim digunakan adalah menggunakan obat dari golongan diuretik. Obat itu dapat menghambat enzim karbonik anhidrase. Pemberian penghambat enzim mengurangi jumlah cairan disertai penurunan tekanan intraokular. Salah satu obat sintetis dari golongan diuretik adalah asetazolamid.

Sebetulnya, ada bahan alami yang berpotensi mengatasi glaukoma. Salah satunya sambung nyawa Gynura procumbens. Aktivitas biologis daun sambung nyawa sebagai antihipertensi dan diuretik dapat digunakan untuk terapi pada penderita glaukoma karena mampu menurunkan tekanan intraokuler (TIO) mata.

Inggrid menjelaskan efek antiglaukoma pada ekstrak daun sambung nyawa disebabkan oleh kandungan flavonoid yang terkandung pada daun sambung nyawa. Pasalnya, flavonoid dapat menghambat aktivitas enzim karbonik anhidrase.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Atasi Serangan Kumbang Tanduk dan Rontok pada Bunga Anggrek

Trubus.id—Kumbang tanduk Oryctes rhinoceros kerap membuat para hobiis anggrek geram. Pasalnya, menggerek pucuk bunga dan bagian tanaman anggrek lainnya...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img