Saturday, June 22, 2024

Kendala Beternak Itik Pedaging

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Beternak itik remaja pedaging berpotensi menguntungkan. Dengan catatan bisa melewati beberapa kendala berikut ini. Pasalnya, seperti sektor bisnis lainnya, beternak itik remaja pedaging tidak lepas dari kendala.

Masalah terbesar dalam beternak itik yakni terbatasnya ketersediaan Day Old Duck (DOD) pejantan. Namun, meski DOD didapat, tidak serta-merta menjamin sukses beternak lantaran pada periode umur 1—5 hari persentase kematian itik bisa di atas 25%.

Sanitasi kandang jelek serta telat memberi pakan dan air minum memicu kematian itu. Selain itu, ketersediaan bekatul—pakan utama—tidak boleh dianggap remeh. Terutama saat tiba musim hujan yang membuat produksi bekatul merosot tajam

Untuk menyiasatinya peternak bisa menimbun bekatul hingga 15 ton setiap kali musim panen padi tiba. Bekatul itu dikeringkan di bawah terik matahari supaya tahan disimpan setahun.

Di sisi lain keuntungan peternak itik sangat tergantung pada harga dedak. Hal ini lantaran biasanya kebutuhan dedak untuk pakan itik mencapai 30—35% dari total pakan. Oleh karena itu jika harga dedak mahal, tentu akan memberatkan peternak itik.

Soal penyakit? Asalkan rajin merawat kebersihan kandang dan kelembapan, penyakit seperti mata putih—mata itik keluar cairan putih berujung pada tersumbatnya saluran napas—yang menular dan mematikan dapat dicegah.

Batu sandungan lain sebagian peternak, terutama di luar sentra, berhenti memproduksi pejantan lantaran bingung menjual. Maka dari itu pada saat awal beternak, mesti dipastikan pasar yang hendak disasar.

Peternak bisa beradaptasi dengan dunia pemasaran digital, misal dengan beriklan melalui internet. Hal itu bisa dikatakan sebagai langkah untuk upaya merintis pasar. Bila kerikil-kerikil itu terlewati, prospek pasar itik pedaging cukup menjanjikan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Ingin Tanam Alpukat? Catat Jenis Alpukat Menurut Permintaan Pasar

Trubus.id—Alpukat premium menjadi incaran pasar. Menurut Manajer Pengembangan Bisnis PT Laris Manis Utama Vendi Tri Suseno, S.T.P., kriteria alpukat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img