Sunday, March 19, 2023

Kendala dan Potensi Singkong sebagai Alternatif Pangan Nasional

Rekomendasi

Trubus.id — Singkong berpotensi menjadi alternatif pangan nasional. Kendati demikian, di balik potensi terdapat beragam aral atau kendala yang perlu diatasi. Mulai dari infrastruktur, pemasaran, hingga efisiensi biaya produksi.

Menurut Prof. Ir. Achmad Subagio, M.Agr., Ph.D., infrastuktur lahan yang cocok untuk budidaya singkong, lapak pemasaran umbi, dan ketersediaan sumber air pada lahan kering menjadi faktor penting untuk menurunkan ongkos produksi singkong per satuan bobot.

Ketersediaan dana murah yang dapat diakses oleh petani dan pelaku singkong juga membantu menaikkan daya saing modified cassava flour (mocaf). Kendala lain mocaf adalah masalah mutu yang rendah dan cenderung tidak konsisten.

“Masih rendahnya teknologi yang digunakan oleh produsen mocaf menjadi salah satu biang dari persoalan,” kata dosen di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember sekaligus peneliti penemu tepung mocaf, itu.

Lebih lanjut, ia mengatakan penerapan prosedur operasional standar produksi yang baik dan benar, dan sistem jaminan mutu perlu untuk disosialisasikan kepada produsen.

Ketersediaan fasilitas produksi yang sesuai dengan standar industri pangan, khususnya fermentasi, pengeringan, dan penggilingan menjadi permasalahan yang menghantui mutu mocaf.

Tentu persoalan harga yang kurang kompetitif serta mutu yang rendah dan tidak konsisten memicu persoalan baru, yakni pemasaran menjadi terbatas.

Meskipun begitu, menurut Subagio, di balik persoalan itu semua ada beberapa poin yang dapat dimainkan oleh produsen mocaf, yakni klaim sehat, organik, serta perdagangan yang adil yang sangat digandrungi pasar Eropa dan Amerika.

Klaim sehat dapat digunakan karena mocaf bebas gluten, kaya serat, dan berindeks glikemik rendah. Klaim organik juga dapat disematkan dengan mudah karena tanaman singkong merespons sangat positif terhadap budidaya organik.

Klaim perdagangan yang adil pun bisa dilakukan dengan mudah karena umumnya produk mocaf dikembangkan pada suatu lokasi tertentu dengan hasil yang spesifik. Dengan begitu, kerja sama antara petani lokal dan pengolah mocaf menjadi lebih mudah untuk dikoordinasikan. Hal itu membuka peluang ekspor mocaf dan produknya ke negara lain untuk menambah devisa negara.

Program menjadikan singkong dan mocaf sebagai sumber pangan nasional mempunyai dampak luas. Bukan saja menguatkan ketahanan pangan nasional, melainkan memicu munculnya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di daerah marginal sehingga pemerataan pembangunan juga terjadi.

Penguasaan ilmu dan teknologi bioindustri hulu-hilir yang berbasis karbohidrat juga menjadi dampak penting lainnya. Mengingat di tingkat internasional, teknologi karbohidrat singkong masih belum berkembang secara penuh sehingga merupakan peluang bagi Indonesia untuk menguasainya.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Biji Kakao, Peninggalan Berharga Suku Indian

Trubus.id — Pelaut Spanyol, Hernan Cortez termenung di sebuah kuil di pedalaman Tenochtitlan, Mexico pada 1591. Ia seolah tak...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img