Saturday, December 3, 2022

Keunggulan Dry Bath, Produk Sabun Cair Tanpa Bilas

Rekomendasi

Trubus.id — Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan inovasi sabun yang tidak perlu dibilas penggunaannya. Sabun itu bernama Dry Bath, kehadirannya diharapkan bisa menjawab permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Tentu dengan dukungan keunggulan yang dibawanya.

Melansir dari laman IPB University, Dry Bath merupakan sabun berbentuk cair. Penggunaannya hanya dengan menyemprotkan sabun ke bagian tubuh, lalu mengusap menggunakan tangan. Dengan begitu, pengguna dapat merasakan manfaat seperti mandi pada umumnya.

Fadila Maulia Suherman, ketua tim pembuatan sabun tanpa bilas, mengatakan, latar belakang pembuatan sabun Dry Bath muncul dari pengalamannya menemui keterbatasan air ketika mendaki gunung.

“Karena saya suka naik gunung, sehingga badan berkeringat, sedangkan sulit mencari air buat mandi, kalau bawa-bawa galon juga berat malah makin merepotkan. Tetapi, kita sebagai pendaki juga butuh mandi karena di alam bebas rentan terkena debu dan kotoran atau semacamnya,” kata Fadila.

Fadila dan tim akhirnya memutuskan menciptakan inovasi Dry Bath. Menurut Fadila, inovasi Dry Bath ini memiliki beberapa keunggulan yakni sabun tidak perlu dibilas dengan air.

Tidak hanya itu, penggunaan yang praktis membuat waktu menjadi efisien, meminimalisir limbah cair yang masuk ke badan air, berkadar alkohol rendah, serta memiliki bahan aktif, antioksidan, dan antibakteri.

Lebih lanjut, ia menyebut Dry Bath diperuntukkan bagi traveler yang senang bepergian jauh, para pendaki gunung yang kesulitan mencari air, dan orang yang sedang sakit tapi tidak memungkinkan untuk mandi.

“Jadi, Dry Bath tidak terbatas oleh siapa saja yang dapat menggunakannya,” kata Fadila. 

Selain mengatasi keadaan mendesak, katanya, Dry Bath juga menjadi solusi mengurangi limbah cair yang masuk ke badan air. Limbah cair bisa berasal dari detergen, air cucian, ataupun sabun mandi yang biasa dipakai sehari-hari.

Limbah ini mampu berakibat fatal untuk sungai sehingga berbahaya bagi makhluk hidup lainnya. Dengan menggunakan Dry Bath, pengguna dapat mengurangi limbah berbahaya karena sabun ini tidak perlu dibilas penggunaannya sehingga tidak ada limbah cair yang masuk ke aliran sungai.

“Saat ini Dry Bath sudah diproduksi secara massal dan dipasarkan melalui berbagai media. Dry Bath bisa dibeli melalui pemesanan di WhatsApp, Instagram, dan e-commerce,” papar Fadila.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img