Saturday, December 3, 2022

Keunggulan Dua Varietas Sorgum Unggul Baru dari IPB

Rekomendasi

Trubus.id — Varietas unggul menjadi salah satu pertimbangan sebelum keputusan bertanam dilakukan. Hal ini karena pemilihan varietas unggul akan berdampak pada produktivitas panen yang akan didapatkan. Tak terkecuali komoditas sorgum, petani bisa memilih varietas unggul yang ada. Seperti varietas IPB Sorice merah dan IPB Sorice putih. Sorice adalah singkatan dari sorghum rice atau beras sorgum. Keduanya merupakan varietas sorgum unggul baru kreasi Institut Pertanian Bogor (IPB).

Kedua sorgum anyar itu memiliki beragam keunggulan. Potensi hasil panen IPB Sorice merah mencapai 7,25 ton per hektare, sedangkan varietas IPB Sorice putih 7,07 ton per hektare. Hasil itu jauh lebih tinggi dibanding produksi rata-rata nasional sorgum yang hanya 2–3 ton per hektare.

Dr. Desta Wirnas, S.P., M.Si., dosen di Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, sekaligus Peneliti Sorgum Varietas Sorice, mengatakan, IPB Sorice merah merupakan sorgum berbiji merah hasil seleksi dari populasi hasil persilangan galur sorgum introduksi (PI-150-20-A) dan varietas nasional Kawali.

Sementara itu, IPB Sorice putih mempunyai biji putih dan merupakan hasil seleksi dari populasi hasil persilangan galur introduksi (PI-150-20-A) dengan varietas nasional Numbu.

Produksi kedua varietas anyar itu lebih tinggi dibanding potensi hasil dari kedua tetuanya (Kawali dan Numbu) yang masing-masing mencapai 2,96 ton per hektare dan 3,11 ton per hektare.

Kedua varietas sorgum kreasi IPB itu tumbuh baik di lahan kering bertanah masam sehingga mengurangi penggunaan input kapur pertanian. Penanaman IPB Sorice berlangsung di Jawa Barat, Lampung, Sumatra Selatan, Sumatra Barat, dan Sulawesi Selatan sebagai bagian dari kegiatan uji multi lokasi.

IPB Sorice mempunyai ketahanan moderat terhadap penyakit karat daun yang merupakan penyakit utama sorgum di Indonesia. Ketahanan itu mengurangi kerusakan dan kehilangan hasil akibat penyakit karat daun.

Petani dapat memanen sorgum anyar tersebut lebih dari satu kali dengan sekali penanaman. Alasannya, IPB Sorice membentuk tanaman ratun setelah dipangkas saat panen. Keunggulan lain sorgum varietas baru itu bisa Anda ketahui lebih banyak di Majalah Trubus Edisi 636 November 2022.

Majalah Trubus mengulas tuntas tren pangan lokal alternatif, seperti sorgum dan singkong. Segera dapatkan Majalah Trubus Edisi 636 November 2022 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img