Wednesday, February 8, 2023

Kiat Mengatasi Jerawat yang Membandel di Wajah dengan Resep Tradisional

Rekomendasi

Trubus.id — Munculnya jerawat di wajah membuat tidak nyaman bagi setiap orang. Apalagi, jerawat ini kerap menyerang anak-anak remaja yang sedang mengalami fase pubertas. Memasuki masa pubertas, produksi hormon di dalam tubuh mengalami naik turun.

Hormon tidak stabil itu yang kemudian merangsang kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak pada pori-pori di kulit secara berlebih. Selain faktor hormonal, masih banyak faktor yang menjadi penyebab jerawat. Di antaranya faktor lingkungan, genetik, dan gaya hidup.

Gaya hidup seperti kebiasaan kurang tidur, stres, dan asupan makanan yang kurang sehat bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Oleh karena itu, penting memperhatikan pola hidup sehat. Bagi Anda yang saat ini terdapat jerawat di wajah, berikut ini kiat mengatasinya dengan mudah.

Minuman herbal

Siapkan bahan-bahan herbal untuk pembuatan minuman herbal. Rimpang temukunci 1,5 gram (1 jari), rimpang jahe 5 gram (3 jari), adas putih 1 gram (1 sendok teh), kayu secang 5 gram (sejumput), kapulaga 1,5 gram (1 sendok teh), dan daun sembung 1,5 gram (sejumput).

Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Gunakan wadah dari tanah liat untuk merebus. Minum hasil rebusan selagi hangat antara pukul 18:00–19:00 WIB. Selama pengobatan, sebaiknya kurangi konsumsi makanan berlemak dan perbanyak minum air putih.

Masker wajah

Siapkan rimpang temugiring 5 gram (3 jari), rimpang temukunci 5 gram (3 jari), adas putih 1 gram (1 sendok teh), kayu rapet 5 gram (3 jari), pulowaras/pulosari 5 gram (1 sendok makan), dan klembak 5 gram (3 jari). Semua bahan tadi dihaluskan.

Ambil 1 sendok makan serbuk ramuan, lalu tambahkan air secukupnya dan aduk sampai rata. Larutan akan terlihat sedikit kental. Gunakan untuk lulur wajah 1–2 kali seminggu, 15 menit sebelum mandi. Untuk hasil maksimal, bisa ditambahkan 1 sendok makan Bolus alba alias kaolin yang bisa dibeli di apotek.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img