Tuesday, April 16, 2024

Kiat Sukses Budidaya Horenso Organik

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Konsumen menginginkan sayuran bayam jepang atau horenso relatif khusus. Syarat lain tanaman setinggi 20—25 cm. Menurut pekebun horenso Henry Soetrisno sayuran introduksi itu diminati konsumen. Untuk menghasilkan kualitas prima ia membudidayakan horenso organik.

Ia menggunakan rumah tanam bernaung  agar hasil panen horenso bagus. Benih impor dari Jepang lantaran daya kecambahnya relatif tinggi 85%, sedangkan benih lokal maksimal 60%. Menurut Henry tempat ideal menanam horenso yang berelevasi lebih dari 500 meter di atas permukaan laut (m dpl).

Horenso bisa tumbuh di lahan berketinggian tempat kurang dari 500 mdpl, tapi tidak optimal. Selain benih, kunci sukses lain bertanam horenso yaitu media tanam. “Saya menggunakan campuran tanah, sekam bakar, dan pupuk kandang terfermentasi urine kelinci dengan perbandingan 1:1,” kata Henry.

Setelah ketiga media tanam tercampur, ia membuat bedengan setinggi 20 cm dengan panjang menyesuaikan lahan. Selanjutnya enry menyiram bedengan hingga basah. Lalu ia membuat lubang tanam dengan jarak tanam 10 cm. Setiap lubang tanam berisi 3—5 benih horenso.

Penyiraman berikutnya ketika tanaman berdaun 2 dan media tanam kering. Penyiraman seperlunya hingga akar kecil dapat menyerap air. Waktu penyiraman pun mesti tepat yakni pada pukul 17.30—18.00. Di luar waktu itu ia gagal memanen horenso.

Henry memanen horenso 5—6 pekan setelah tanam. Kesuksesan Henry mengembangkan tanaman kerabat jengger ayam Celosia cristata itu penuh perjuangan. Ia gagal memanen horenso pada 4 siklus penanaman pertama karena tanaman mati.

Menurut Henry kebutuhan horenso organik di Jabodetabek belum terpenuhi. Kapasitas produksi Villa Biru Farm hanya mengisi 40% ceruk pasar. Pemilik pasar daring (online) sayuran segar organik Bali Pick Fresh, I Gede Sucahya Jaya, menuturkan, “Permintaan horenso tinggi, sayang pekebunnya tidak banyak,” kata Henry. Peluang mendulang laba horenso pun terbuka lebar.

Menurut anggota staf pengajar Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta, Endah Budi Irawati, S.P., M.P., tidak ada yang spesifik pada budidaya horenso.

Endah mengatakan, “Horenso tumbuh bagus di bawah rumah plastik.” Tujuannya menghindari hujan deras. Tidak ada pemupukan susulan karena nutrisi pada media tanam memadai.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kiat Mengubah Kediaman Pribadi Menjadi Rumah Walet Produktif

Trubus.id— Memodifikasi rumah tinggal menjadi rumah walet sangat memungkinkan. Hal terpenting yang mesti diperhatikan yakni lokasi itu merupakan habitat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img