Tuesday, November 29, 2022

Kilang Nyamplung dari Kroya

Rekomendasi

 

Di sekitar Karangmangu, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, banyak tumbuh nyamplung. Samino membeli buah nyamplung kering dari para pengumpul Rp650/kg. Itu jauh lebih murah daripada harga jarak yang mencapai Rp2.000/kg. Pria kelahiran 10 September 1951 itu menggiling 100 kg daging buah nyamplung kering setiap hari.

Dari 100 kg bahan baku Samino menghasilkan 50 liter biokerosin nyamplung atau rendemen mencapai 50%. Jumlah itu lebih tinggi ketimbang jarak yang hanya 25%. Hasil sebanyak itu tentu saja sangat ekonomis. Pria 57 tahun itu cukup mengeluarkan biaya bahan baku Rp2.000/l. Oleh sebab itu ia optimis bakal memperoleh laba meski harga jual biokerosin nyamplung hanya Rp3.000-Rp4.500/l. Mesin Samino sejatinya berkapasitas 400 kg. Dalam sehari ia dapat 3 kali produksi atau total 1.200 kg.

Menurut Prof Dr H Sudradjat MSc, pakar bioenergi Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan, Departemen Kehutanan, minyak nyamplung juga dapat diolah lebih lanjut menjadi biodiesel. Hanya saja proses produksi biodiesel minyak nyamplung lebih panjang daripada jarak pagar karena bilangan asamnya 2 kali lebih tinggi yakni di atas 20 mg KOH/g. Sedangkan minyak jarak hanya 10 mg KOH/g. Bilangan asam biodiesel mestinya kurang dari 0,8 mg KOH/g.

Melambungnya bilangan asam akibat oksidasi ketika pengeringan daging buah. Apalagi minyak nyamplung berasam lemak tak jenuh berantai karbon panjang. Dampaknya sangat mudah asam bila teroksidasi. Bilangan asam tinggi menyebabkan mesin rawan berkarat dan rusak. Pada kondisi itu setidaknya perlu 3 kali tahapan proses produksi: esterifikasi, esterifikasi ulang, dan transesterfikasi (EET) atau esterifikasi, transesterifikasi, dan netralisasi (ETN).

‘Bilangan asam sangat penting dalam proses pembuatan biodiesel. Bila hendak membuat biokerosin yang harus diperhatikan adalah proses degumming (penghilangan getah, red),’ kata Sudradjat. Degumming tidak sempurna menyebabkan sumbu kompor atau nozle tersumbat. (Imam Wiguna/Peliput: Niken A Wulan dan Vina Fitriani)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img