Tuesday, November 29, 2022

Klik Saja! Lalu Semua Meluncur

Rekomendasi

 

Di gudang sortir meja bergerak sampai ke hadapan seorang laki-laki berbaju biru. Dengan cekatan lelaki itu menyortir pot-pot dendrobium. Tanaman berbunga dimasukkan ke pot plastik hitam, yang belum berbunga kembali ke meja.

Begitu pot plastik hitam terisi tanaman berbunga, ia segera bergerak di atas ban berjalan menuju kotak hitam berukuran 1 m x 0,5 m x 0,5 m. Berhenti sejenak di sana, kemudian kembali bergerak naik ke lantai 2. Di tengah jalan pot berhenti di atas plat berwarna hijau. Lalu, sruuttt! Sepasang spayer menyemprotkan butiran air lembut.

Setiba di lantai 2 dengan tertib pot itu masuk ke dalam barisan berisi dendrobium dengan spesifikasi: tinggi tanaman, panjang tangkai, warna bunga, jumlah bunga, dan jumlah bunga mekar sama. Di sana mereka menunggu waktu untuk dikirim ke pelelangan. Meja berisi tanaman tidak lolos seleksi bergerak kembali ke dalam nurseri.

Hemat biaya

Dendrobium-dendrobium itu pintar bergerak sendiri karena nurseri di salah satu sudut Rotterdam, Belanda, itu dilengkapi teknologi robotik. Teknologi itu tidak sekadar mengurus lalu-lintas tanaman. Pun penyiraman dan pemupukan di nurseri, membuka-tutup atap nurseri, mengontrol jumlah karbondioksida dan panas jika perlu diembuskan ke dalam nurseri, hingga mengatur durasi penambahan cahaya dengan lampu ultraviolet.

‘Buat nurseri di Belanda teknologi berbasis sistem robotik dibutuhkan untuk menekan biaya produksi,’ kata Gertjan van Staalduinen dari Logiqsagro, perusahaan penyedia jasa sistem robotik. Maklum biaya tenaga kerja tinggi. Dengan sistem robotik, tenaga kerja yang dibutuhkan relatif sedikit. Nurseri dendrobium seluas 3 ha itu hanya butuh 12 pegawai. Keuntungan lain, sistem itu memudahkan aktivitas pekerja. (Evy Syariefa)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Mencetak Petani Milenial, untuk Mengimbangi Perkembangan Pertanian Modern

Trubus.id — Perkembangan pertanian modern di Indonesia harus diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Dalam hal ini...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img