Monday, August 15, 2022

Klinik Bethesda April 2006

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

R. Broto Sudibyo, BSc.

Penyakit istri Anda perlu diperiksakan dulu ke dokter atau laboratorium untuk mengetahui kadar asam urat dan tekanan darah. Kalau sudah diketahui, baru saya dapat memberikan resepnya. Kalau tekanan darah tinggi, minumlah jamu penurun tekanan darah. Sebaliknya jika sudah normal hentikan minum jamu. Untuk sementara bisa dicoba resep berikut.

Resep 1
Untuk param (obat luar)

Bahan

  • Daun dan batang kemangi 1 genggam
  • Rimpang kencur yang tua 5 buah
  • Rimpang jahe emprit atau jahe merah 3 jari tangan
  • Beras merah 1/4 gelas

Cara membuat
Beras direndam selama 2 jam. Kencur dan jahe dicuci bersih. Bahan-bahan itu ditumbuk sampai lembut. Balurkan ke bagian yang sakit, terutama kaki dan tangan. Lakukan 2 kali sehari.

Resep 2
Untuk diminum

Bahan

  • Daun kumis kucing 21 lembar
  • Daun sambiloto segar 7 lembar
  • Meniran (dengan akarnya) 2 batang

Cara membuat

Bahan-bahan dicuci dan direbus dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1, 5 gelas. Setelah dingin, angkat, saring, dan minum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas sesudah makan. Hindari minum es, air es, daun so, melinjo, dan emping. Untuk jamu, boleh juga menggunakan buah mengkudu yang telah masak, asal jangan busuk. Buah mengkudu dapat dikonsumsi untuk jangka waktu lama dan tidak mengganggu organ tubuh. ***

Benjolan di Leher Rahim

Usia saya 23 tahun. Sejak pertama kali menstruasi kelas 1 SMP, darah yang keluar sangat banyak dan berupa darah beku. Perut sakit, badan lemas, kepala pusing, dan sering tidak normal karena sekali menstruasi bisa berhari-hari bahkan sampai sebulan. Saat ini di leher rahim terdapat benjolan. Menurut dokter bisa menyebabkan kemandulan. Saya baru tahu ada penyakit ini sejak sebulan lalu. Saya diberi pilihan, menikah dulu atau diberi obat (endometril). Saya memilih minum obat. Saya mohon resep dari Bapak.

Pudji Astuti
Tiffani Taxi
Jl. H. O. S Cokroaminoto
Cileduk, Tangerang

R. Broto Sudibyo, BSc.

Setelah mencermati jadwal menstruasi Anda, saya sarankan untuk segera mendapatkan perawatan atau pengobatan intensif. Saya khawatir, bila tidak segera ditangani penyakit Anda akan lebih parah. Benjolan di leher rahim disebut endometriosis dan mengganggu kelancaran menstruasi. Sebab, ia bisa menjadi penyumbat. Sewaktu-waktu benjolan bisa membesar kalau tidak tuntas pengobatannya. Anda bisa mencoba resep berikut.

Resep
Bahan

  • Rimpang temuputih 2 buah
  • Benalu pohon jeruk nipis 1/2 genggam
  • Adas manis 1 sendok teh
  • Pulosari 1/2 jari tangan

Cara membuat
Kupas rimpang temuputih, cuci, dan iris tipis. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Setelah dingin, angkat, saring, dan minum 3 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. ***

Kista di Payudara

Setahun lalu di payudara kiri saya (26 tahun) ada 2 kista. Ukurannya 11 mm ? 10 mm dan 7, 8 mm ? 4, 9 mm. Payudara kiri lebih besar, puting lebih keras, dan sering melesak, rasanya nyeri. Karena takut operasi, saya memutuskan berobat ke sinshe dan diberi serbuk jamu. Setelah 4 bulan mengkonsumsi, saya putuskan untuk berhenti total karena harganya sangat mahal dan tidak ada perubahan sedikit pun. Saat ini benjolan itu tampak agak mengembang. Saya mohon resep dari Bapak.

Imelda
Jl. Karyawan 4 No. 22, Tangerang 15118

R. Broto Sudibyo, BSc.
Karena benjolan sudah cukup besar, sebaiknya segera diobati dengan teratur dan menjaga pantangan makan.

Bahan

  • Daun dan batang benalu teh 1 genggam
  • Rimpang temuputih 3 jari tangan
  • Daun sambiloto 11 lembar
  • Jadam arab sebesar kelereng 1 biji

Cara membuat
Kupas rimpang temuputih, cuci, dan iris tipis. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Setelah dingin, angkat, saring, kemudian minum 3 kali sehari sesudah makan masing-masing 1/2 gelas.

Resep 2
Obat luar
Bahan

  • Rimpang kunyit 1 jari tangan
  • Daun sirih tua 5 lembar
  • Buah mahkotadewa tua 1 buah
  • Minyak kelapa 1/2 gelas

Cara membuat
Kupas rimpang kunyit, lalu parut. Kemudian daun sirih dan buah mahkotadewa dicuci dan dirajang. Ketiga bahan dimasak bersama minyak kelapa, dengan api kecil sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan ditempatkan di botol bersih. Oleskan di payudara yang sakit. Lakukan 2 kali sehari. Hindari mengkonsumsi ikan air tawar dan ikan laut. Jangan sering meraba, memijat, apalagi menekan payudara. ***

Tumor Belakang Telinga

Ibu saya menderita tumor di bagian belakang bawah telinga kiri. Kira-kira 4 minggu lalu sudah dioperasi, tetapi sampai sekarang belum diketahui jenis tumornya. Mohon resep dari Bapak.

Dzakiah Mastur
Jl. Perwira No. 49 RT VII/RW II
Desa Tanjungrema, Martapura,
Kalimantan Selatan

R. Broto Sudibyo, BSc.
Untuk penyakit tumor ibu Anda, sebenarnya tidak perlu harus minum benalu teh setelah operasi. Untuk menjaga agar tidak kambuh lagi, biasanya pasien di rumah sakit selalu diberi ramuan yang terdiri dari temuputih Curcuma zedoaria , jadam arab, dan benalu jeruk nipis. Jadi tidak hanya benalu teh yang digunakan untuk mengobati penyakit tumor. Kalau Anda ingin mendapatkan ramuan itu, di klinik kami sudah tersedia. Ramuan bisa dikonsumsi oleh mereka yang belum atau sudah operasi. Hindari mengkonsumsi ikan air tawar, ikan laut (udang, kepiting, ikan asin, teri), makanan berlemak (jeroan), dan nangka muda.

Resep 1
Bahan

  • Rimpang temuputih 2 buah
  • Benalu pohon jeruk nipis 1/2 genggam
  • Jadam arab 1 biji

Cara membuat
Kupas rimpang temuputih, cuci, dan iris tipis. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Setelah dingin, angkat, saring, kemudian minum 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing 1/2 gelas. ***

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img