Wednesday, February 8, 2023

Komoditas Buah yang Diperkirakan Memiliki Peluang Bisnis Besar

Rekomendasi

Trubus.id — Melon dan avokad atau alpukat diprediksi masih sangat berpotensi dikembangkan pada 2023. Itu diungkapkan oleh Vendi Tri Suseno, S.T.P., Manajer Pengembangan Bisnis PT Laris Manis Utama.

Menurut Vendy, permintaan buah avokad melonjak signifikan seiring kesadaran kesehatan yang meningkat. Buah anggota famili Lauraceae itu mengandung lemak nabati yang menyehatkan.

Vendy mengatakan, banyak orang membeli avokad via toko daring sejak berkembang jasa pengiriman. Lihat saja Adi Indra Permana yang menjual 400–800 kg avokad mentega per bulan.

Adi mengelola toko daring Kojama Shop yang berkantor di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Menurut Adi, pasar menghendaki avokad dengan tingkat kematangan 95%, bobot buah 200–250 gram, daging buah kekuningan, dan pulen.

Menurut Adi, kendala berbisnis avokad adalah perihal pengiriman ke kota-kota di Sumatra, Sulawesi, dan Papua. Ia pernah mendapat keluhan konsumen karena buah busuk setelah tiba di kota tujuan. Hal ini karena durasi perjalanan memakan waktu 4–5 hari.

Oleh karena itu, kini ia membuat surat perjanjian yang menyatakan barang dikirim dalam kondisi baik. Jika terdapat kerusakan karena produk yang gampang busuk, ditanggung oleh konsumen.

“Permasalahan kita sebenarnya ada pada rantai distribusi,” ujar Vendy.

Buah tropis akan cepat rusak setelah panen. Sering terjadi tingkat kerusakan yang tinggi pada saat pengiriman. Bukan karena terbanting, melainkan buah kita rata-rata klimaterik. Menurut Vendy, perlu pemetaan daerah sebelum produksi. Tujuannya, menekan biaya pengiriman.

Ia mencontohkan pengembangan melon yang mendekati pasar untuk memangkas biaya kirim. Vendy menuturkan, kini timnya menanam melon di Kota Samarinda dan Kota Banjarmasin, keduanya berada di Provinsi Kalimantan Timur. Artinya, kebutuhan melon untuk kedua kota itu tidak perlu dikirim dari Jawa.

Selain melon dan avokad, ada beberapa buah yang juga diprediksi bakal menjadi tren pasar. Simak seputar komoditas buah yang diprediksi bakal tren pada 2023 di Majalah Trubus Edisi 638 Januari 2023. Majalah Trubus Edisi 638 Januari 2023 mengupas tuntas berbagai jenis komoditas agribisnis yang bakal tren, mulai dari ikan hias, tanaman hias, buah, hingga sayuran.

Dapatkan Majalah Trubus Edisi 638 Januari 2023 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Peluang Bisnis Bibit Buah Naga

Trubus.id — Banyak yang tertarik untuk ikut mengebunkan buah naga kuning. Wajar saja, sebab banyak masyarakat yang menyukai buah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img