Wednesday, June 26, 2024

Kontes Akuaskap Nusatic Nusapet 2024, Lebih dari 40 Peserta dari Berbagai Daerah

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Kontes akuaskap menjadi salah satu ajang kompetisi pada gelaran kontes Nusantara Aquatic (Nusatic) dan Nusantara Pet (Nusapet) 2024. Kontes One Champion Akar Hitam Nusatic 2024 itu ramai peminat. Menurut ketua panitia kontes akuaskap Ratih Indarwati lomba itu diikuti 46 peserta.

Peserta lomba Quick Setting Aquascape, itu  berasal dari berbagai daerah seperti dari Provinsi Bali, Provinsi Daerah Khusus Jakarta (DKJ), Provinsi Jawa, Provinsi Banten, Provinsi Sumatra Selatan, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi  Jawa Tengah, dan Provinsi Jawa Timur.

Ratih menuturkan total ada 10 juri  pada kontes itu. Delapan juri dari Indonesia seperti Donny Brehman Gentini, 1 juri asal Korea yakni Kwon Triton, dan 1 juri favorit yakni Irfan Hakim. “Sistem penilaian terdiri dari 2 poin yakni layout dan komposisi,” kata Ratih.

Para peserta  berkreasi pada akuarium berukuran 45  cm x 30 cm  x 30 cm yang telah tersedia.  Berbagai sajian akuaskap pun memanjakkan mata. Nanang GB yang mengusung diorama hutan berhasil menyabet juara 1 pada kontes akuaskap 09 Juni 2024 di ICE BSD, Tangerang, Provinsi Banten itu.

Pehobi dan produsen akuaskap di Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, itu menggunakan ragam tanaman seperti Ricardia moss, Weeping moss, Anubias sp., Bucephalandra sp.,dan tanaman lain. Kesan natural makin terlihat dengan kehadiran kayu rentek dan rasamala.

Tak lupa ia juga menambahkan 10 ekor ikan amandae. Nanang membutuhkan waktu hingga 3 minggu untuk persiapan kontes akuaskap itu. Ia pun tak menyangka meraih gelar jawara pertama. “Sudah 9 kali ikut lomba dan ini kali pertama juara,” kata Nanang.

Jawara lainnya yakni  Mawan Huda (juara 2), Nico Putra Liando (juara 3), dan Dhanu (juara 4) sekaligus menjadi pilihan favorit Irfan Hakim. Sementara piala bergilir antarkota One Champion Akar Hitam jatuh pada Kota Palembang, Sumatra Selatan dengan raihan poin sebanyak 645.  

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Via Indonesia Tuna Investment and Business Forum, KKP Pacu Investasi Hulu Hilir Ikan Tuna

Trubus.id—Peluang usaha komoditas ikan tuna terbuka lebar seiring meningkatnya tren perdagangan tuna cakalang tongkol (TCT) di pasar global. Melansir...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img