Friday, December 2, 2022

Kontes Cupang Kobapi 2008 Gelar Keenam Plakat Hitam

Rekomendasi

Klangenan Jaya Maju dari Yogyakarta itu sosoknya sulit ditandingi semua rivalnya. ‘Ukuran tubuhnya besar mencapai 5,5 cm, warna hitam solid, dan bukaan sirip sempurna,’ ujar Hermansyah, juri dari Jakarta Barat. Karena superior ukurannya, plakat ternakan lokal berumur 6 bulan itu sudah menggenggam 5 gelar GC dari kontes berbeda sejak awal November 2008. ‘Terakhir menjadi juara di Joharbaru, Jakarta,’ ujar Anton, sang pemilik.

Kampiun plakat lavender sejatinya tampil prima. ‘Gerakannya lincah dan aktif,’ ujar Arif SL, juri dari Karawang, Jawa Barat. Namun, secara first impression penampilannya masih terpaut jauh daripada sang GC. ‘Ukuran tubuhnya lebih kecil, separuh ukuran tubuh plakat hitam,’ ungkap Hermansyah. Kelemahan lain, ngedoknya terbilang singkat meski dipancing dengan nyala lampu senter.

Tiga GC

Seperti kontes Kobapi terdahulu, lomba ini tidak memilih best in show. Namun, ditentukan 3 GC dari masing-masing divisi: serit, halfmoon, dan plakat. Penentuan GC serit berjalan alot. ‘Ini karena kualitas keduanya seimbang,’ ujar MN Yakin, juri dari Surabaya. Bahkan beberapa peserta menduga voting akan menuai hasil seri 3:3.

Di penghujung voting, serit hitam milik Aquatic Collection dari kota Buaya dinobatkan sebagai GC. Ia unggul 4:2. ‘Sebenarnya masing-masing ikan punya kelemahan. Sirip ekor kampiun maskot ada yang saling menempel. Pada sirip serit hitam ada serit membengkok,’ ujar Hermansyah. Namun, serit hitam dipilih lantaran secara keseluruhan siripnya lebih simetris. ‘Saat ngedok, sirip-sirip itu terlihat membulat,’ ungkap Arif.

Sementara divisi halfmoon mendaulat halfmoon warna dasar merah terang sebagai juara. ‘First impression-nya bagus dibandingkan semua pesaingnya,’ ujar Edi Sudrajat, juri dari Jakarta. Hal senada diungkapkan juri lain, ‘Sirip-siripnya begitu mulus dengan bukaan yang mengembang lebar saat ngedok,’ kata Hari, juri dari kota Gudeg, Yogyakarta.

Seteru terberat penghuni akuarium nomor 188 itu kampiun halfmoon warna hijau. ‘Lawannya kalah karena ada sedikit cacat di ekor bagian bawah. Sirip analnya sobek,’ kata Arif. Meski demikian, halfmoon hijau itu punya keunggulan di gaya renangnya. ‘Gerakannya terkesan lembut karena siripnya selalu mengembang penuh,’ ujar M Kamil, juri dari Jakarta Barat.

Banjir peserta

Kejuaraan cupang yang diadakan di Sentra Promosi Ikan Hias Slipi, Jakarta Barat, pada 13?14 Desember 2008 itu dibanjiri peserta. Total jenderal terdaftar 440 partisipan dari berbagai kota besar seperti Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Jabodetabek. ‘Sebagian yang datang merupakan hobiis baru. Jumlah ini jauh meningkat dibanding kontes serupa pada akhir tahun lalu yang diikuti 300-an peserta,’ kata Ahmadi, ketua Kobapi.

Plakat menjadi kategori yang paling diminati sehingga pesertanya membludak melebihi kuota. ‘Masing-masing kelas kuotanya hanya 12 ikan. Tapi kategori plakat ada yang jumlahnya mencapai 21 ekor,’ kata Poernomo, ketua panitia. Kelas halfmoon copper paling minim kontestan karena baru dikonteskan. ‘Dulu warna copper dimasukkan kategori dasar gelap atau dasar gelap metalik,’ ujar Hermansyah. Kelas ini cuma diikuti 4 peserta.

Di akhir lomba Onzzy dari Jakarta dinobatkan sebagai peraih juara umum. Ia meraup total nilai 115. Nilai-nilai itu disumbangkan lewat perolehan 5 gelar kampiun, 4 juara ke-2, dan 3 juara ke-3. Urutan kedua juara umum diraih M Ichwan dari Jakarta dengan selisih total nilai tipis, berbeda 2 angka. (Tri Susanti)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img