Friday, August 12, 2022

Kontes Cupang Malang Giliran Halfmoon Biru Dekap Juara

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Berselang 2 minggu keduanya berhadapan kembali di fi nal pemilihan grand champion (GC) halfmoon kontes cupang nasional East Java Flora & Fauna Festival 2008 di Malang, Jawa Timur. Di sana, halfmoon biru balas mengungguli halfmoon bebas gelap senior dengan skor telak 5:1.

Kali ini dasi kurang panjang, biang kerok kekalahan halfmoon biru saat berlomba di Ciledug, tidak terlampau berpengaruh di mata para juri di Malang. ‘Cupang ini istimewa karena warnanya solid, lincah, dan ngedok-nya sempurna,’ ujar Heru Susanto, juri dari Malang. Kelebihan lain yang menjadi sorotan juri pada 2 lomba itu: sirip kokoh, tetap prima. Jadi wajar sirip halfmoon berumur 4 bulan itu mampu mekar lama tanpa perlu digoda.

Menurut MN Yakin klangenan Anton itu punya sirip terbilang besar dibandingkan pesaingnya. ‘Saat ngedok, kesan pertama langsung terlihat mewah,’ ujar juri asal Surabaya itu. Penampilan itu jauh berbeda dengan halfmoon bebas gelap senior. ‘Sirip atasnya meski besar tapi jatuh. Padahal, warnanya cukup bagus,’ tambah Yakin.

Telak

Kondisinya bertolak belakang saat klangenan Betta Dinamit dari Bandung itu menjuarai kontes Ciledug. ‘Fisiknya prima dan agresif. Sirip-siripnya pun mengembang sempurna,’ kata Ahmad Yusuf, juri kontes Ciledug. Boleh jadi masa istirahat pendek dan perjalanan jauh dari Tangerang ke Malang biang keladi anjloknya penampilan halfmoon bebas gelap senior itu.

Kemenangan telak tak hanya diraih GC halfmoon. GC serit dan plakat mendulang skor serupa, 5:1. Serit warna dasar merah didaulat menjadi kampiun dengan mengalahkan serit kombinasi. ‘Corak merahnya solid dan semua sirip tidak ada yang cacat,’ kata Heru. Di mata para juri serit kombinasi tak mampu ngedok sempurna. ‘Terutama sirip atas agak menguncup,’ tambah Heru.

Mundur Pailit dari kota Buaya dapat tersenyum setelah plakat goldnya sukses menyingkirkan kampiun plakat warna dasar gelap. Kemenangan itu diraih karena plakat gold mempunyai warna bersih, tubuh simetris, dan mental bertanding bagus. Pesaingnya kalah, sebab juri menilai sirip bawah cupang itu tidak elok. ‘Ada beberapa ray (tulang sirip, red) yang kepanjangan,’ ujar Heru.

Kontes Ciledug

Dua minggu sebelum kontes di Malang, pada 19-20 Juli 2008, digelar kontes di Ciledug. Kontes ini mendaulat halfmoon bebas gelap senior, yang ketika itu menjadi klangenan Betta Lavista Jakarta, dan serit warna dasar merah sebagai peraih GC. Pada kategori serit, klangenan Anton bersaing keras melawan serit hitam dan warna dasar gelap. ‘Serit merah menjadi juara karena siripnya lebih rapi,’ ujar M kamil. Sesungguhnya para rival GC tak kalah istimewa. Itu terlihat dari perbedaan skor voting yang tipis, 3:2:1.

Seperti kontes di Malang yang memperebutkan piala bergengsi dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI, kontes cupang Ciledug juga memperebutkan piala Walikota Tangerang. ‘Karena bergengsi, ada 495 ikan yang berlomba,’ ujar Iis Rodiah, panitia kontes cupang Ciledug. Di Malang, jumlah peserta mencapai 420 ekor yang datang dari kota-kota besar di Jawa seperti Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. (Tri Susanti/Peliput: Ari Chaidir)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img