Friday, December 2, 2022

Kontes Cupang Trubus Agro Expo 2008 Juara Karena Nyali Besar

Rekomendasi

 

Dengan nyali besar serit dwiwarna itu mampu bertahan ngedok dalam waktu lama. ‘Saat semua sisi akuarium disekat ia tetap ngedok,’ kata Hermansyah, juri dari Jakarta Barat. Kunci sukses lain, serit yang menjadi jawara di divisi B kategori serit itu punya sirip tebal dengan tulang sirip-ray-yang rapi. Tak tampak pula tanda-tanda pecah di ujung setiap ray. ‘Karena siripnya bagus, saat mengembang jadi terlihat sempurna, tidak bengkok-bengkok,’ tambah Hermansyah.

Datang dari Yogyakarta, halfmoon biru metalik milik Jaya Maju menjadi pesaing kuat. Siripnya mengembang sempurna 1800. Bahkan warna birunya solid sehingga dianggap istimewa oleh juri. Sayang, nyali sang cupang kurang kuat. Begitu pula tepi-tepi sirip yang bergerigi. Kedua faktor itu menjadi biang kerok kekalahan. ‘Mentalnya sedikit di bawah serit juara. Keseluruhan ujung sirip juga tidak rata,’ ujar Arief SL, koordinator juri.

Tidak merata

Meski total ikan yang tampil mencapai 363 ekor, tapi persaingan di setiap kelas tidak merata. ‘Ada kelas tertentu yang ketat, sementara di kelas lain ada yang tidak punya pesaing,’ kata M. Johan Mosi, juri IBC sekaligus panitia. Kelas halfmoon warna dasar terang hanya diikuti 2 peserta. Bahkan plakat warna gelap iridescent diikuti 1 ikan.

Kelas plakat dwiwarna paling ramai dengan peserta 42 ikan. Plakat Maloedyn dari Flora Betta, Depok, tampil sebagai juara. Namun, di babak final divisi plakat, langkah sang juara bercorak hijau, biru, dan merah itu tersendat. Di babak bergengsi itu plakat warna dasar terang milik Zoel dari Zorro Betta, mengalahkannya.

Di babak grand cham-pion jagoan Zoel itu akhirnya takluk dari kampiun halfmoon dan serit. ‘Saat ngedok, bukaan sirip ekornya sempurna seperti huruf D. Bagian ventral juga serupa trapesium,’ ujar Mustafa Kamil, juri asal Jakarta Barat. Sayang, ujung sirip ventral tampak sedikit pecah. Faktor itu pula yang membuat sang plakat tidak memperoleh satu pun suara dari 5 juri. ‘Persaingan hanya terjadi untuk halfmoon dan serit,’ tambah Mustafa.

Menurut Arif kualitas ikan yang bertan-ding pada kontes hasil kerja sama Trubus dan InBS di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, itu sudah cukup bagus. ‘Di kelas halfmoon kualitas ikan nyaris seragam,’ katanya. Yang istimewa dari lomba itu tak hanya peserta dewasa yang bertanding. Anak-anak, hobiis pemula, ikut turun gelanggang. Bahkan, Chela, pelajar 2 SMP di Bekasi memboyong trofi juara ke-3 kelas warna dasar terang. (Tri Susanti)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Terluka dan Tidak Bisa Terbang, Petugas Mengevakuasi Burung Rangkong

Trubus.id — Petugas Balai Besar KSDA Sumatra Utara, mengevakuasi burung rangkong yang ditemukan terluka di kawasan konservasi Suaka Margasatwa...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img