Sunday, November 27, 2022

Kontes Lou Han Pemula WTC Manggadua 2007 Cencu A Unggul Enam Kriteria

Rekomendasi

Dua kriteria yang dianggap kurang ketimbang pesaing lain adalah over all impression dan gaya renang kurang atraktif. Namun, ‘Secara keseluruhan ikan ini layak juara,’ kata Hadi Senjaya, koordinator juri. Hadi menunjuk corak serta warna mutiaranya yang bersih seperti salju turut menyokong kemenangan. Lainnya disumbangkan pengisi akuarium CCA021 itu dari gradasi warna yang teratur mulai merah, kuning, hingga putih.

Kampiun-kampiun kategori lain seperti cinhua, free marking, golden base, kemalau, dan cinhua klasik, dibuat tak berkutik. Contoh golden base milik Anton dari Jakarta. Meski aktif berenang dan memiliki tubuh kotak, lou han berumur setahun itu tersingkir. Musababnya saat babak penentuan yang berlangsung mulai malam hingga sekitar pukul 09.00 WIB itu, warnanya tampak memudar lantaran stres. ‘Kalau tidak stres mungkin peluang juaranya cukup besar,’ ucap Boen Yauw Ibrahim, peserta kontes dari Tangerang, Provinsi Banten.

Sebelum menapak babak final, sang grand champion perlu berjuang ekstrakeras merebut juara kelas. Di kelas bergengsi, karena diikuti banyak peserta itu, semua lawan tampil menawan. ‘Kualitas peserta tidak jauh berbeda. Namun, karena sang jawara itu unggul warna, ia dapat mengalahkan semua pesaingnya,’ tutur Hadi. Dua lawan terberat, cencu A andalan Anton asal Jakarta dan Thai Palace dari Bandung pun tak sanggup menumbangkan cencu A berumur setahun itu. ‘Lou hannya memang sangat istimewa,’ kata Anton.

Cencu B memikat

Serunya lomba merebut takhta tertinggi tampak di kategori cencu B. Ikan jagoan Albani dari Jakarta menjadi kampiun dengan merebut total nilai 129,375. ‘Ikan itu agresif. Warna merahnya solid. Totol mutiara terang,’ ucap Acuan, ketua panitia kontes. Lawannya, klangenan Andrew dari Jakarta hanya memperoleh total nilai 127,725. Ukuran tubuhnya kecil dan nongnong belum besar.

Kontes lou han tingkat regional yang digelar pada 8-12 Agustus 2007 di WTC Manggadua, Jakarta Utara, itu ramai diikuti pendatang baru. Menurut catatan panitia terdaft ar 174 peserta dari Jakarta, Makassar, dan Bandung. Mereka bertanding dalam 10 kelas yang dilombakan. Selain menobatkan cencu A sebagai grand champion, panitia juga menganugerahkan cinhua A milik Elmer dari Bandung sebagai ikan favorit. ‘Ikannya unik karena hasil persilangan antara cinhua, cencu, dan kemalau. Tubuhnya mirip cinhua, kepalanya cencu, dan mutiara serta sirip ekornya kemalau,’ kata Boen Yauw Ibrahim. (Hermansyah)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img