Thursday, September 29, 2022

Kontes Sansevieria Nasional Perkuat Ajang Silaturahmi Sesama Pehobi

Rekomendasi

Trubus.id — Banteng Sansevieria Community (BSC) menggelar Kontes Nasional Sansevieria 2022. Acara itu digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (18/09). Salah satu tujuan kontes adalah untuk memperkuat tali persaudaraan sesama pehobi sansevieria di seluruh Indonesia.

M. Iqbal, Ketua Pelaksana Kontes Nasional Sansevieria, mengatakan, total peserta yang ikut berkompetisi sebanyak 116 peserta. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Sidoarjo, Surabaya, Wonosobo, Semarang, Makassar, dan daerah lainnya.

Menurutnya, tujuan lain digelar Kontes Nasional Sansevieria yakni untuk mengenalkan tanaman sansevieria ke masyarakat umum. Sansevieria merupakan tanaman hias yang unik, memiliki beragam jenis dan corak daun bervariasi, serta mudah dalam hal perawatan.

“Bahkan, yang paling utama, sansevieria adalah penyerap polutan yang paling tinggi. Jadi, cocok untuk ditaruh di dalam ruangan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyarankan kepada masyarakat umum yang hendak terjun di dunia sansevieria untuk bergabung ke komunitas. Tujuannya, untuk memudahkan dalam pengenalan tanaman sansevieria secara lebih mendalam. Selain itu, menghindari terjadinya tindakan penipuan.

“Kalau gabung komunitas, masyarakat bisa tanya-tanya tanaman yang bagus dan perawatannya. Anggota komunitas tidak akan mengorbankan harga dirinya demi satu transaksi yang hanya menguntungkan sementara,” tuturnya. 

Ia berharap, ke depan semakin banyak lagi penghobi sansevieria sehingga memunculkan sansevieria baru dengan kualitas unggul untuk ikut berkompetisi di meja kontes.

Senada dengan Iqbal, Alin pehobi senior sansevieria berpesan kepada pehobi sansevieria yang hadir, untuk tidak mudah berpuas diri.

Menurutnya, yang lebih penting adalah memperbaiki persatuan antara sesama komunitas sansevieria di Indonesia supaya bisa lebih terorganisasi. Tujuannya, memudahkan komunikasi antara pehobi dalam sharing seputar dunia sansevieria.

Sebagai informasi, dalam Kontes Nasional Sansevieria tersebut ada berbagai kelas yang dilombakan antara lain Kelas Variegata Small Max. 12 cm, Kelas Variegata Madya Max. 25 cm, Kelas Variegata Utama 26 cm up, Kelas Hybrid Small Max 12 cm, Kelas Hybrid Madya Max. 25 cm, Kelas Hybrid Utama 26 cm up, Kelas Pinguicula Variegata Small Max. 12 cm, Kelas Pinguicula Variegata Madya Max. 25 cm.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Asa Menyelamatkan Gajah Sumatra

Trubus.id — Gajah Sumatra Elephas maximus sumatranus salah satu spesies atau subspesies gajah yang masih bertahan di Pulau Sumatra. Dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img