Monday, July 15, 2024

Kriteria Bibit Buah Naga yang Diminati Pekebun

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Pekebun menghendaki bibit buah naga yang berkualitas. Menurut pekebun dan penangkar bibit buah naga di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Dedi Sumardi  sebagian besar konsumen menghendaki tinggi bibit 40— 45 cm per batang.

Ada juga beberapa pelanggan yang menghendaki bibit setinggi 80 cm. Meski begitu pelanggan harus memesan terlebih dahulu satu bulan sebelumnya. Ia menuturkan perakaran muncul setelah umur setek 1 bulan.

Ada juga pelanggan yang menghendaki pengiriman lebih cepat. Biasanya Dedi menawarkan solusi pengiriman batang potongan yang belum berakar. Ia tidak membedakan harga karena hanya perbedaan durasi pemesanan. Untuk jenis ekuador biasanya Dedi menggunakan bibit sambung.

“Jenis ekuador masih terbatas, solusinya sambung batang,” ujar Dedi.

Ia biasa menggunakan batang bawah dari buah naga lokal merah atau putih yang memiliki ketahanan penyakit. Dedi meletakkan batang bawah di dalam kantong tanam berdiameter 12 cm. Ia menggunakan campuran media tanam berupa 40% sekam bakar, 40% kotoran sapi terfermentasi, dan 20% tanah.

Menurut pekebun dan penangkar bibit di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, Abdurahman Halim standar bibit yang baik diambil dari tanaman minimal berumur 1 tahun.

“Tanaman tidak harus berbuah terlebih dahulu. Hal paling penting yang harus diperhatikan tanaman mulus dan terhindar dari penyakit cacar,” ujar Halim. Baca juga Cuan dari Bibit Buah Naga.

Baca selengkapnya pada Majalah Edisi 655 Juni 2024. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 655 Juni 2024 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img