Wednesday, February 8, 2023

Kukuh Roxa: Potensi Pertanian Sangat Besar, Tetapi Harus Sabar

Rekomendasi

Trubus.id — Dunia pertanian menunggu anak-anak muda untuk bahu membahu memajukan sektor pangan di Tanah Air. Pertanian memiliki potensi dan peluang yang sangat besar. Bahkan selain berpotensi, pertanian merupakan sektor penting dalam keberlangsungan kehidupan.

Kukuh Roxa, CEO PT Pandawa Agri Indonesia, mengajak pemuda di Indonesia tidak perlu malu berprofesi sebagai petani. Hal ini karena sektor pertanian memiliki peluang bisnis yang sangat besar.

“Peluang di sektor pertanian bukan hanya besar di Indonesia saja, melainkan sektor pertanian dalam skala global juga sangat besar,” kata Kukuh, saat menjadi narasumber Trubuspreneur Day, dalam rangka memperingati Ulang Tahun Trubus ke-53, Kamis (01/12).

Lebih lanjut, Kukuh menjelaskan, peluang besar sektor pertanian dikarenakan berkaitan erat dengan pangan. Semua masyarakat di seluruh dunia membutuhkan pangan. Oleh karena itu, ia mendorong pemuda terjun di dunia pertanian.

Kukuh memberikan beberapa kunci agar sukses saat terjun di dunia pertanian. Kesabaran menjadi salah satu kunci yang harus dimiliki pemuda saat memutuskan terjun di dunia pertanian. Menurutnya, itu yang membedakan dengan sektor industri lainnya.

“Petani harus sabar, tidak bisa terburu-buru, karena yang dihadapi ini adalah makhluk hidup,” terang petani muda asal Banyuwangi, itu.

Selain kesabaran, pemuda harus memiliki integritas yang kuat. Misalnya, dengan berintegritas untuk selalu menjaga kualitas produk yang baik. Kukuh menilai, integritas diri seorang petani muda merupakan aset berharga untuk mengembangkan pertanian.

Aspek lain yang wajib dimiliki petani muda yakni mempunyai pemikiran terbuka dan semangat tinggi untuk terus belajar. Hal ini karena dunia pertanian berkembang dinamis.

“Misalnya, jika berbicara iklim, dulu bisa diprediksi musim hujan dan kemarau. Sekarang sepertinya sudah sulit. Nah, untuk itu ini diperlukan teknologi sebagai solusi,” jelasnya.

Pemuda, kata Kukuh, mempunyai waktu lebih banyak untuk belajar. Berbeda dengan generasi sebelumnya, yang waktu dan tenaganya sudah mulai terbatas.

Petani muda berpeluang untuk mengombinasikan antara dunia teknologi dengan pertanian. Jika keduanya bisa dikombinasikan, sektor industri pertanian akan tumbuh dengan pesat.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tips Sukses Budidaya Lele agar Menguntungkan

Trubus.id — Budidaya lele tak semudah yang dipikirkan. Beberapa kendala akan ditemui saat seseorang sudah mulai terjun di peternakan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img