Thursday, July 25, 2024

Kunci Pemupukan pada Budidaya Semangka

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Tanaman semangka tumbuh optimal di tempat berketinggian 0—400 meter di atas permukaan laut (m dpl). Menurut Elly Daru Ika Wilujeng, S.P., M.Si.,  selain itu asupan pupuk berupa NPK sangat diperlukan untuk menunjang fase pertumbuhan tanaman.

Dosen Program Studi Teknologi Produksi Benih, Jurusan Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember, itu menuturkan, semangka merupakan tanaman berumur pendek alias cepat berbuah. Kombinasi penggunaan pupuk majemuk yang mengandung NPK dan sulfur berguna menunjang pertumbuhan tanaman.

Elly menganjurkan petani menggunakan NPK 16:16:16 untuk penanaman semangka di tanah miskin unsur hara. Jika lahan subur, cukup menggunakan NPK 15:15:15. Menurut Elly penggunaan jenis pupuk tunggal biasanya membutuhkan perendaman selama semalam.

Contoh penggunaan pupuk tunggal yang mengandung unsur hara fosfor atau kalium. Hasil endapan dari perendaman pupuk itu berupa zat perekat. Sementara unsur hara yang terpakai berupa cairan di bagian atas.

Pemberian pupuk dengan sistem kocor juga bertujuan meminimalisir penguapan unsur hara. Misal kandungan volatil dalam nitrogen mudah menguap terbawa udara. Olah lahan yang tepat juga menjadi kunci menghasilkan produk pertanian berkualitas.

Elly menyarankan menggunakan pupuk organik dari bahan lokal. Sebut saja pupuk organik dari fermentasi kotoran sapi atau kotoran ayam. Berakan tanah selama 7 hari setelah aplikasi pupuk organik. Tujuannya supaya bahan organik tercampur rata dengan tanah.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kelapa Genjah Merah Bali, Eksotis dan Produktif

Trubus.id—Kelapa genjah merah bali merupakan kelapa baru yang eksotis dan produktif. Secara umum berbunga pada umur 2—2,5 tahun dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img