Sunday, June 23, 2024

Langkah Cetak Platycerium Hibrida Unggul Sekaligus Melakukan Perbanyakan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Warga Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor,Provinsi Jawa Barat, Maulana Yusuf rajin memproduksi platycerium. Peningkatan penjualan mencapai 50— 60% pada 2023 membuat Maulana optimis ceruk pasar platycerium terbuka lebar.

Ia memperbanyak platycerium lewat spora baik untuk perbanyakan maupun mendapatkan platycerium hibrida. “Persilangan melalui spora memungkinkan pehobi untuk mendapatkan platycerium hibrida dengan karakter yang diinginkan,” kata pria Maulana.

Menurut Maulana persilangan platycerium butuh jam terbang dan ketelitian. Musababnya penangkar harus telaten mencatat perkembangan spora.

“Untuk menghasilkan platycerium hibrida spora harus sudah memiliki gamet alias sel reproduksi,” ujar Maulana.

Ia menuturkan ciri spora yang memiliki gamet yakni terjadi perubahan warna menjadi hijau serupa lumut. Spora yang memiliki gamet harus berada pada umur yang sama sebagai syarat terjadi persilangan. Gamet biasanya muncul 21—30 hari setelah semai (hss).

Namun ada faktor yang mengakibatkan gamet lebih cepat muncul. Contoh Platycerium veitchii memiliki pertumbuhan gamet lebih cepat apabila suhu tinggi. Itu sesuai habitat asli P. veitchii yang hidup di bebatuan dengan suhu tinggi.

Menurut Maulana ada dua cara menghasilkan platycerium hibrida. Cara pertama menyemai spora dari dua indukan platycerium terpilih. Ia memiliki trik penyilangan platycerium.

Apabila ia menginginkan platycerium baru yang memiliki karakter dominan indukan A, maka ia mengambil gamet A lebih sedikit dibandingan dengan gamet B. Formasi perbandingannya 1:2.

Saat umur 270 hss, Maulana menyeleksi untuk mendapatkan tanaman dengan karakter yang diinginkan. Ia mengamati mulai dari ujung daun fertil yang pecah hingga ketebalan dan warna daun.

“Cara pertama cenderung rumit, tetapi tingkat keberhasilannya mencapai 50%,” kata pemilik Ciapus Nursery itu.

Sebenarnya ada cara lain yang lebih mudah, tetapi tingkat keberhasilannya 5—10%. Caranya mencampurkan langsung spora dari dua indukan berbeda. Setelah serbuk spora tercampur, maka bisa langsung disemai di media tanam.

Maulana melakukan seleksi saat umur 270 hss. Pemilihan indukan juga menjadi faktor keberhasilan persilangan. Ia biasanya menggunakan platycerium hibrida sebagai indukan karena karakter tanaman sudah terseleksi.

Sesekali Maulana juga memanfaatkan platycerium lokal dan impor yang memiliki karakter unggul sebagai indukan. Contoh Platycerium veitchii x Platycerium andinum, Platycerium bifurcatum x Platycerium willinckii, dan Platycerium bifurcatum x Platycerium andinum.

Ilustrasi Novi Riadi
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kura-kura Hibrida Unik Bikin Harga Melejit

Trubus.id—Kura-kura hibrida redcata milik William Albert amat seronok, meski terlihat dari jauh. Warnanya yang terakota terang dan berpadu garis...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img