Monday, November 28, 2022

Lebah Hinggap, Lahir Delapan Dewa

Rekomendasi

Padahal ibu dua anak itu tak pernah menyilang-nyilangkan euphorbianya. Ketujuh pot tanaman delapan dewa yang mengisi kebun seluas 120 m2 itu menyilang alami dengan bantuan lebah.

Ada sekitar 400 biji euphorbia yang dikumpulkan sejak 2,5 tahun lalu. Biji-biji itu disemai di 4 kotak styrofoam 35 cm x 35 cm bermediakan sekam bakar. Setelah 4 bulan, tanaman berbunga. Ternyata ada 9 jenis bunga yang warna, corak, dan bentuknya berbeda dengan tanaman induk. Pristiwarni memberi nama mollyta, danial, dan tiara untuk euphorbia-euphorbia baru itu

Alami

Nun di Thong Kru, Bangkok, Thailand, Sombut Jitpirom juga mengandalkan serangga untuk mendapat jenis-jenis baru. Puluhan ribu pohon induk dikumpulkan di satu nurseri khusus. Di sanalah serangga bebas mengawin-ngawinkan bunga delapan dewa. ‘Dalam setahun bisa dihasilkan 2.000-3.000 silangan, tapi dari jumlah itu hanya sedikit yang bagus,’ kata pemilik NTK nurseri itu.

Saat Trubus datang, Sombut sedang mempersiapkan varietas baru untuk dirilis pada pertengahan 2007. Thai sunset, cantik dengan bunga besar berwarna seperti langit senja. Diamond violet alias pink violet yang warnanya susah didapat. Ada juga jenis baru tanpa nama berwarna putih dengan splash merah di tengah. Dari Thailand, bunga-bunga delapan dewa itu pasti akan hijrah ke Jakarta. Seperti euphorbia yang dirilis sebelumnya: diana, new snow white, daiene, dan tropical twist, kini sudah dimiliki Boen Soediono.

Tahan 4 bulan

Kang Chien-Chung juga beruntung. Pengelola apartemen 15 lantai di Pingtung, Taiwan, itu hampir setiap hari memanen biji dari ratusan pot euphorbia yang ditaruhnya di dak apartemen. Angin telah berbaik hati membantu penyerbukan crown of thorn itu. Berkat embusannya, pria berkacamata minus itu mendapatkan beragam jenis bunga baru.

Sosok tanaman umumnya kompak dan berbunga sepanjang waktu, tak terkecuali musim dingin. ‘Itu (berbunga di musim dingin, red) yang disukai orang Taiwan,’ kata Kang. Bunga euphorbia itu keindahannya bisa tahan hingga 4 bulan. Pantas untuk menyemarakkan halaman rumah. (Rosy Nur Apriyanti/Peliput:Destika Cahyana dan Evy Syariefa)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Membangun Rumah Walet agar Walet Mau Bersarang

Trubus.id — Rumah walet tidak bisa dibuat asal-asalan. Perlu riset khusus agar rumah itu nyaman ditempati walet. Mulai dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img