Monday, August 8, 2022

Lengkungan Pelebat Daging Merah

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Berkebun jambu getas jadi pilihan Yan Arial Karaini selepas mengundurkan diri sebagai eksekutif di salah satu bank. Cepat dan mudah berbuah jadi daya tarik utama. Apalagi seorang kerabat, pemilik café di Jakarta Selatan, berani menampung Rp7.000 per kg. Padahal, di pasaran paling banter Rp2.000. Ditanamlah 1.300 bibit di Sawangan, Depok. Umur 8 bulan, jambu biji berdaging merah itu mulai belajar berbuah.

Sekadar membuahkan sih mudah. Namun, melebatkan dan mengatur pembuahan butuh teknik tersendiri. Yan menerapkan teknik pelengkungan cabang dibarengi pemangkasan pucuk dan pemberian pupuk kandang berat. Hasilnya, setiap pohon berumur 1 tahun mampu menghasilkan 60—70 buah. Setelah diseleksi, dipanen 50—60 buah berbobot rata-rata 250 g. Berikut cara Yan menghasilkan getas berkualitas.

1. Rontokkan daun

Jambu getas berumur 1—1,5 tahun siap diberi perlakuan. Yan memulai 4 bulan setelah ditanam. Daun-daun tua di cabang sekunder dirontokkan. Cabang yang terlalu panjang dipangkas ujungnya. Cara itu membuat pertumbuhan vegetatif terhenti, dilanjutkan dengan pertumbuhan generatif.

2. Lengkungkan

Rundukkan cabang membentuk sudut 45—900. Hati-hati agar cabang tidak patah. Pertahankan posisi itu dengan mengikat ujung cabang menggunakan tali rafia yang ditambatkan pada patok di tanah. Pelengkungan itu membuat kulit cabang ngelotok sehingga mata tunas lebih terbuka. Cara itu juga merangsang interaksi antara beberapa hormon dengan karbohidrat yang menyebabkan pucukpucuk baru muncul. Itu sebabnya, 6—8 minggu kemudian tunas baru yang membawa sepasang bunga keluar serempak.

3. Bungkus plastik

Buah jelek diseleksi saat sebesar telur puyuh. Untuk menghindari serangan hama, buah dibungkus koran berlapis plastik transparan. Perlakua itu menambah keuntungan lain, ukuran jambu getas tetap besar, rata-rata 250 g per buah. Sekitar 3,5—4 bulan setelah bunga mekar, buah siap dipanen.

4. Pupuk kandang

Setelah panen pohon dipangkas agar segar kembali. Benamkan sekarung pupuk kandang untuk mengganti nutrisi yang hilang. Pada pohon di atas 3 tahun dosis ditambah hingga 3 karung. Perlakuan itu membuat pertumbuhan vegetatif dominan. Setelah daun lebat dan rimbun, perlakuan perangsangan bunga bisa dilakukan kembali. (Destika Cahyana)

 

Previous articlePerang Sound System
Next articleOrganik
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img