Wednesday, August 10, 2022

Lidah Jin Penyambung Tali Silaturahim

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Sebagai pendatang paling “gres”, tanaman lama, sansevieria punya kans besar masuk di jajaran parsel tanaman. Hampir semua persyaratan parsel dimilikinya. Keindahan bunga diwakili oleh corak daun yang kini kian variatif. Bentuk simpel sehingga memudahkan lidah jin itu ditata.

Beberapa sifat asli sansevieria itu bahkan menambah nilai plus. Seperti tahan terhadap kondisi ekstrim dan mudah dirawat. Yang disebutkan pertama itu pernah diujicoba oleh pekebun di Cipanas, H Muhammad Saputro. Pemilik PD Dewi Sri itu menaruh kerabat sukulen itu di ruang tamu—tanpa dijemur kembali—selama 1 tahun. Ternyata tanaman tetap hidup sehat.

Rangkaian sansevieria pas sekali dikirim ke kerabat dan rekan yang “buta” tanaman. Mereka tidak perlu bingung m e r a w a t . Dalam pemeliharaan, pemupukan, penyiraman, dan penyemprotan insektisida dan bakterisida tak perlu rutin. Di samping itu lidah mertua bukan jenis tanaman asing. Jenis lokal sudah lama dipelihara masyarakat sebagai tanaman pagar.

Bahan

Rangkaian sansevieria sudah banyak dijual pedagang tanaman hias. Namun, Anda juga bisa berkreasi sendiri untuk membuatnya. Caranya sangat sederhana. Siapkan aneka sansevieria yang akan dirangkai, pot, media tanam, dan aksesori lain.

Untuk rangkaian pilih sansevieria sesuai selera, misal bantel’s sensation, nelsonii, jet pagoda, golden hahnii, dan gilet. Yang harus diperhatikan, ukuran dan warna lidah. Tujuannya agar tercipta kombinasi seimbang antara sansevieria ukuran besar dan kecil. Sesuaikan warna lidah jin dengan warna pot agar penampilannya lebih serasi. Contohnya, bila pot berwarna hijau, tambahkan sedikit snake plant kuning. “Jika banyak warna kuning, kadang kurang kontras,” ujar Lanny Lingga dari nurseri Seederama. Pot keramik dan rotan dapat menjadi pilihan untuk menghadirkan kesan elegan dari rangkaian sansevieria.

Sansevieria menyukai media yang kering dan sedikit porous. Tanaman yang diletakkan di dalam ruangan aktivitas fotosintesisnya lebih rendah dibandingkan tanaman yang ditaruh di luar atau terkena cahaya matahari. Oleh karena itu gunakan media yang kapasitas tukar kationnya rendah untuk rangkaian sansevieria dalam ruangan. Lanny menggunakan campuran pasir, pakis, dan tanah top soil yang tidak subur dengan perbandingan 2:1:1.

Apabila menggunakan pot keramik atau semen yang bobotnya berat, campuran media dapat diganti dengan pasir, pakis, dan sekam bakar, 2:1:0,5. Siram media terlebih dahulu sebelum dibuat rangkaian agar mudah merangkainya dan selama 15 hari tidak perlu penyiraman.

Merangkai

Tahapan merangkai sansevieria sama dengan rangkaian umumnya. “Dimulai dari yang tinggi terlebih dahulu,” ujar Andi Djati Utomo, perangkai bunga di Jakarta. Letakkan lidah mertua berukuran tinggi di belakang. Lalu susul dengan ukuran kecil untuk rangkaian yang fokus penampilannya dilihat dari satu sisi saja. Tanam lidah jin dengan memadatkan media agar tanaman kuat berdiri. Jika goyang, bentuk rangkaian akan berubah dan pertumbuhan akar jelek.

Sebagai aksesori tambahkan zeolit, karang, kerikil, atau kerang-kerangan pada media tanam. Di samping mempercantik penampilan, zeolit juga berfungsi menetralkan pH. Sebab, sansevieria tumbuh baik pada kondisi itu.

Setelah selesai, letakkan rangkaian itu di tempat teduh selama 1 minggu sampai keluar akar dan tanaman tampak segar. Bila menggunakan sansevieria berwarna kuning seperti nelsonii, sebaiknya rangkaian dikeluarkan sebulan sekali, agar tetap segar dan sehat.

Bila semua hijau, rangkaian sansevieria kuat ditaruh dalam ruangan selama satu tahun. Syaratnya tanaman mendapat cahaya di atas 150 foot candle atau setara cahaya lampu rumah. Dengan sifat-sifat itu, rangkaian sansevieria dapat menjadi pilihan sebagai penyambung tali silaturahim Anda dengan kerabat dan rekan di hari suci nanti. (Rosy Nur Apriyanti)

 

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img