Monday, April 15, 2024

Lima Camilan Buah Enak untuk Diabetesi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Diabetes merupakan kondisi ketika kadar glukosa darah meningkat melampaui batas normal yakni 140 g/dl—2 jam setelah makan. Penyebabnya terjadi gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein akibat kekurangan insulin. Insulin merupakan hormon yang bertugas mengubah glukosa dalam menjadi energi.

Penanganan diabetes secara medis biasanya memanfaatkan konsumsi obat, penyuntikan insulin, hingga operasi. Upaya lain dengan mengonsumsi makanan yang berpotensi menstabilkan kadar gula darah. Berikut lima buah untuk diabetesi.

Jambu biji

Jus buah jambu biji berkhasiat menurunkan gula darah dalam tubuh. Itu terbukti dalam riset Ari Kurniawan dari Universitas Diponegoro. Pemberian jus buah jambu biji dengan dosis 10 ml/200 g bobot tubuh menurunkan kadar gula darah mencit dari 114,6 mg/dl menjadi 108 mg/dl.

Jeruk

Konsumsi jeruk ampuh mengenyahkan diabetes. Demikian hasil riset Murray Huff, professor Kedokteran dan Biokimia, Institut Penelitian Robarts, Universitas Western Ontario, Kanada. Ia menunjukkan naringenin, sejenis flavonoid dari jeruk ampuh mengontrol bobot badan dan memperbaiki metabolisme tubuh tikus.

Obesitas berujung pada diabetes tipe 2 dan serangan jantung. Tikus yang diberi naringenin kadar trigliserida dan kolesterolnya membaik. Tak hanya itu naringenin juga ampuh mencegah resistensi insulin dan metabolisme glukosa.

Cara kerjanya dengan menginstruksikan ginjal untuk membakar lemak berlebih di tubuh. Mafhum saja lemak yang tertimbun di tubuh memicu obesitas dan pada gilirannya mengundang penyakit degeneratif seperti diabetes serta serangan jantung.

Pisang

Peneliti dari Program Studi Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Nasional Surakarta, Novia Luviana Indraswari, menguji kadar gula total dari tiga sumber karbohidrat yakni pisang kepok kuning rebus, nasi merah, dan nasi hitam. Hasil penelitian mengungkapkan, pisang kepok kuning rebus memiliki kadar gula total terendah sebesar 3,861 g/100 g, nasi hitam (4,531 g/ 100 g), dan nasi merah (6,142 g/100 g).

Buah Naga

Buah naga biasanya dikonsumsi langsung atau olahan seperti salad atau jus. Tanaman anggota famili Cactaceae itu berkhasiat menurunkan gula darah. Riset mahasiswa Keperawatan Universitas Widya Husada Semarang, Ransisca Tiya Pramesti dan rekan menunjukkan terdapat penurunan kadar gula darah.

Sebelum konsumsi jus buah naga, gula darah pasien berturut-turut 490 mg/dl dan 210 mg/dl. Setelah mengonsumsi 200 gram jus buah naga selama 7 hari, gula darah pasien turun masing-masing menjadi 486 mg/dl dan 193 mg/dl.

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh berpotensi sebagai obat diabetes mellitus. Evy Kurniawaty dan Eka Endah Lestari dari Fakultas Kedokteran Universitas Lampung membuktikan, belimbing wuluh mampu menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Kandungan utama belimbing wuluh yaitu flavonoid yang berperan dalam aktivitas farmakologikal berfungsi sebagai antioksidan dan antidiabetes. Flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan adalah menekan pembentukan Reactive Oxygen Species (ROS) dengan menghambat enzim dalam pembentukan ROS dan meningkatkan regulasi serta proteksi dari antioksidan.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Sensasi Rasa Pir pada Durian Kawe

Trubus.id—Indonesia memiliki ragam durian lokal yang tak kalah enak. Salah satunya durian kawe dari Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img