Sunday, July 14, 2024

Manfaat Buah Makasar sebagai Obat Diabetes

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Warga Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), bertahun-tahun memanfaatkan buah makasar Brucea javanica sebagai obat diabetes (DM).

Diabetes melitus atau kencing manis merupakan penyakit kelainan metabolisme yang cukup mematikan. Diabetes tipe 2 adalah disfungsi metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia akibat resistensi insulin dan disfungsi sel.

Bila tidak segera diatasi, berbagai dampak akan ditimbulkan penyakit itu seperti kebutaan, amputasi, dan gagal ginjal.

Untuk mengobati pasien DM, warga Desa Sesaot menumbuk 8 sampai 10 biji kering buah wali—sebutan makasar di Pulau Lombok— hingga halus. Selanjutnya, mereka menambahkan 2 sendok air hangat pada tumbukan buah makasar, lalu meminumnya.

Dalam penelitian Ida Bagus Putra Manuaba dari Universitas Mataram, pemberian ekstrak biji buah makasar berpengaruh terhadap penurunan gula darah.

Menurut Endah Lasmadiwati, herbalis di Kota Bogor, Jawa Barat, tidak semua herbal cocok untuk semua orang. Ada yang manjur bagi sebagian pengidap, tetapi tidak bagi sebagian yang lain. Oleh karena itu, kerap kali ia menggunakan beberapa tanaman obat untuk mengatasi satu penyakit.

“Sebab, penyakit itu bisa memengaruhi organ lain. Tercermin dari gejala atau keluhan penderita sehingga perlu juga mengobati penyakit ikutan itu,” jelasnya.

Sayangnya, banyak masyarakat kesulitan mendapatkan obat atau herbal yang diinginkan karena ketersediaannya langka atau harga yang tidak terjangkau.

Memanfaatkan tanaman di sekitar untuk mengatasi suatu penyakit bisa menjadi pilihan seperti yang dilakukan warga Desa Sesaot. Khasiat biji buah makasar sebagai obat diabetes di Desa Sesaot terbukti secara ilmiah.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img