Wednesday, September 28, 2022

Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan Rambut yang Jarang Orang Tahu

Rekomendasi

Trubus.id — Rambut rontok kerap membuat seseorang cenderung tidak nyaman, bahkan dapat menurunkan tingkat percaya diri apabila sampai kerontokan yang dialami sudah tidak wajar. Untuk mencegah kerontokan rambut, dapat menggunakan cabai yang sudah diolah dengan aneka herbal.

Menurut dr. Yenny Vandalita, dokter kecantikan di Kota Bogor, Jawa Barat, kerontokan rambut lebih dari 10 helai menunjukkan gejala yang tidak normal. Kerontokan rambut yang tidak normal salah satu gejala penyakit alopecia.

Penyebab kerontokan beragam, mulai dari penuaan, genetik, ataupun pemakaian obat-obatan. Selain itu, perawatan rambut yang keliru bisa juga memicu kerontokan rambut.

Cabai memang belum lazim sebagai herbal untuk rambut. Namun, PT Martina Berto berinovasi dengan menciptakan herbal perawatan rambut berbahan cabai rawit hijau. Cabai mengandung senyawa capsaicin yang menyumbangkan rasa pedas pada sayuran buah anggota famili Solanaceae itu.

Maily, S.Si., M.Biomed., Corporate Advanced Research and Evaluation Centre Head PT Martina Berto, mengatakan kandungan senyawa capsaicin dapat merangsang folikel rambut dan membantu menumbuhkan rambut.

“Cabai juga mengandung senyawa quercetin yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala,” jelasnya.

Perusahaan itu mengolah cabai dengan herbal lain, yakni daun mangkokan, daun poko atau mint, urang-aring, dan lidah buaya.

Daun mangkokan Polyscias scutellaria kaya vitamin A, B1, C, dan kalsium oksalat yang bermanfaat merawat rambut rontok. Khasiat daun mangkokan untuk rambut terkenal sejak dahulu.

Adapun daun poko Mentha arvensis mengandung menthol menyejukkan kulit kepala dan mengatasi rasa gatal karena ketombe. Daun urang-aring Eclipta prostrata selama ini terkenal sebagai perawat rambut.

Daun urang-aring memiliki dua zat yang bermanfaat untuk rambut, yakni etanol dan ecliptine. Senyawa etanol mendukung pertumbuhan rambut dan ecliptine membantu menghitamkan rambut.

Sementara itu, lidah buaya mengandung zat alioin dan barbaloin yang menjaga kekuatan akar rambut dan membantu menyuburkan rambut.

Perpaduan herbal-herbal tadi bekerja secara sinergis sehingga menyehatkan rambut. Perusahaan itu merilis produk berbahan cabai untuk kesehatan pada 2014.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Permintaan Produk Organik Kian Meningkat

Trubus.id — Permintaan produk organik mengalami peningkatan. Peningkatan permintaan produk organik di Indonesia terjadi karena munculnya kesadaran menjaga kesehatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img