Sunday, November 27, 2022

Mau Bisnis Lancar? Pilih saja Bon Bai Kab

Rekomendasi

Daun bon bai kab yang sedikit atau rimbun sama saja pengaruhnya. Namun, caladium rimbun memiliki keunggulan lain. Tanaman rimbun mampu menyerap energi lebih kuat. Sangat cocok bagi orang yang memiliki keinginan kuat pada suatu bisnis, tambah Akino. Supaya energi itu tertangkap, posisi penempatan harus di teras depan rumah.

Caladium diyakini memiliki hoki. Aura keberuntungan itu tidak hanya keluar dari komposisi daun seperti bertumpuk, tapi juga dari bentuk dan warna daun. Caladium dengan bentuk daun hati, lancip, dan bulat, memberi pengaruh pada kesegaran dan kekuatan diri. Bahkan semakin tebal daunnya, semakin yahud. Tebal berarti kuat menyerap chi-energi positif.

Hijau, merah, putih, jingga, dan kombinasi keempatnya yang memberi warna daun caladium juga ada maknanya. Hijau itu berpengetahuan. Merah melambangkan semangat, kata Akino. Kombinasi warna seperti hijau dan merah menunjukkan pengaruh istimewa. Siklus hidup menjadi lebih seimbang. Atau ingin rumah tangga harmonis? Pilihlah caladium berdaun putih dengan dominasi keperakan.

Lambang cinta

Caladium merupakan makanan leluhur manusia yang paling tua, ujar Eka Budianta. Jauh sebelum manusia mengenal biji-bijian. Bila biji gandum dan padi dimanfaatkan manusia sejak 7.000 tahun lampau, caladium sudah disantap sejak 15.000 tahun silam. Sebelum makan biji, manusia makan umbi-umbian. Itu termasuk caladium, kata budayawan itu.

Dalam perkembangannya caladium menjadi bagian kehidupan manusia. Dari bahan makanan menjadi tanda cinta. Eka Budianta menuturkan dahulu seorang ibu di India selalu membawa caladium untuk buah hati tercintanya di rumah untuk ditanam. Karena bentuk daun caladium seperti hati ia menjadi simbol cinta ibu kepada anaknya, tambah direktur eksekutif Tirto Utomo Foundation itu.

Begitu besar arti caladium. Satu lokasi di Florida, Amerika Serikat, Lake Placid, dijadikan surga caladium. Di sana sekitar 40 jenis caladium tumbuh sehat dan tak pernah bosan memamerkan warna-warni daun yang indah. Sungguh menakjubkan melihat hamparan kaladium yang luasnya mencapai 1.000 ha itu, ujar Benny Tjia, pemilik nurseri Mandiri Jaya Flora di Bogor yang berkunjung pada 2006.

Keindahan itu pula yang setiap tahun diwujudkan dengan mengadakan festival caladium. Tak hanya kontes, panitia festival yang berlangsung sejak 1990 itu memanjakan pengunjung dengan membuat anjungan caladium, caladium co-op. Di tempat seluas 1 ha itu pengunjung dapat membeli tanaman dan segala bentuk kerajinan dari caladium.

Mandul

Andai Pemerintah Cina pernah mempelajari catatan riset Dr Madaus, boleh jadi penduduk Cina sekarang jauh dari angka 1-miliar. Dokter Nazi Jerman pada masa Perang Dunia II itu mendapati Caladium seguinum yang dijus dan diminum penuh selama seminggu dapat menipiskan libido kaum adam. Ujung-ujungnya menjadi mandul.

Madaus berkepentingan dengan riset itu. Atas permintaan pimpinan Nazi, Adolf Hitler, ia memang ditugaskan membuat obat yang mampu menyetop kaum Yahudi beranak-pinak. Tak hanya eksperimen oral, dokter di Kamp Auschwitz, Austria, itu juga menyuntikkan ekstrak keladi ke dalam pembuluh darah ke sekelompok tawanan. Hasilnya? Terjadi antifertilitas pada organ reproduksi.

Mengapa keladi dipilih? Histoire de la Gestapo (1962) karya Libraire Arteme Fayard yang membeberkan kekejaman ujicoba dokter-dokter Nazi di berbagai kamp konsentrasi itu belum bisa menjawab misteri itu. Meski demikian penelitian-penelitian lain sesudahnya, seperti dilakukan Purdue University’s School of Veterinary Medicine di Amerika Serikat, mendapat hasil serupa saat diujicoba pada anjing dan kucing. Tapi sejauh ini efeknya yang diketahui hanya gatal tenggorokan dan iritasi ringan saja, kata Dr Hartanto Nugroho, M.Agr, ahli fisiologi tumbuhan dari Universitas Gadjah Mada.

Nun di pedalaman Kalimantan Selatan, caladium rupanya memiliki pertanda penting bagi suku Dayak Pagan. Serumpun caladium yang digantung di atas pintu rumah menjadi tanda rumah itu bebas utang. Seperti angka 8 menurut feng shui, bebas utang tentu dapat membuat usaha dan bisnis kian lancar. (Dian Adijaya S/Peliput: Andretha Helmina, Destika Cahyana, & Rosy Nur Apriyanti)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img